Rencana tersebut adalah skema atau program penelitian

This preview shows page 5 - 7 out of 12 pages.

Rencana tersebut adalah skema atau program penelitian yang lengkap. Ini mencakup garis besar tentang apa yang akan dilakukan peneliti dari menulis hipotesis dan implikasi operasionalnya hingga analisis akhir data. Desain penelitian tradisional adalah cetak biru atau rencana terperinci untuk bagaimana studi penelitian harus diselesaikan dengan operasionalisasi variabel sehingga mereka dapat diukur, memilih sampel yang menarik untuk dipelajari. Mengumpulkan data yang akan digunakan adalah dasar untuk menguji hipotesis dan menganalisis hasilnya. Desain penelitian adalah rencana prosedural yang diadopsi oleh peneliti untuk menjawab pertanyaan yang valid secara objektif, akurat, dan ekonomis. Menurut Seltiz dari at, "Desain penelitian adalah pengaturan kondisi untuk pengumpulan dan analisis data dengan cara yang bertujuan untuk menggabungkan relevansi dengan tujuan penelitian yang ekonomis dalam prosedur". 1. Menurut Kerlinger, “desain penelitian adalah rencana, struktur dan strategi dan strategi investigasi yang disusun untuk memperoleh jawaban atas pertanyaan penelitian dan untuk mengendalikan varian”. Desain penelitian sebenarnya merupakan kerangka kerja konseptual di mana penelitian dilakukan. 2. Menurut Bernard Philips ia meneliti desain "sebagai biru cetak untuk pengumpulan, pengukuran, dan analisis data". 3. Menurut Claire Seltiz, "desain penelitian adalah pengaturan kondisi untuk pengumpulan dan analisis data dengan cara yang bertujuan untuk menggabungkan relevansi dengan tujuan penelitian dengan ekonomi dalam prosedur". 2
Image of page 5

Subscribe to view the full document.

4. Menurut SL Gupta dan Hitesh, "desain penelitian menyediakan aliran kegiatan dari perumusan masalah ke pengembangan hipotesis untuk pengumpulan data untuk analisis data untuk hasil akhir hingga implikasi". Desain penelitian menyediakan aliran kegiatan dari perumusan masalah ke pengembangan hipotesis untuk pengumpulan data ke analisis data ke hasil akhir. Sebuah desain penelitian Menyediakan: a) Desain penelitian b) Jelas, konklusif, deskriptif, kasual atau eksperimental c) Jenis data yang diperlukan untuk pengumpulan informasi d) Persyaratan pengukuran dan penskalaan e) Bentuk pengumpulan data seperti kuesioner f) Proses pengambilan sampel dan ukuran sampel diperlukan g) Analisis data yang harus dilakukan 2.2 Kebutuhan dan Pentingnya Desain Penelitian Sebuah penelitian tanpa rencana yang telah ditentukan seperti perjalanan laut tanpa kompas Mariner. Preposisi rencana penelitian untuk suatu studi membantu dalam menetapkan arah untuk penelitian dan mengetahui dengan tepat apa yang harus dilakukan dan bagaimana dan kapan harus dilakukan pada setiap tahap. Ini memungkinkan peneliti untuk mempertimbangkan terlebih dahulu berbagai keputusan yang akan dibuat. Apa tujuan dari penelitian ini? Apa saja pertanyaan investigasi? Apa sumber data? Apa jagat raya penelitian ini? Metode pengambilan sampel apa yang sesuai? Dan seterusnya.
Image of page 6
Image of page 7
  • Fall '19

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern

Ask Expert Tutors You can ask 0 bonus questions You can ask 0 questions (0 expire soon) You can ask 0 questions (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes