Matering system berfungsi sebagai system yang mengontrol dan mengatur pemakaian

Matering system berfungsi sebagai system yang

This preview shows page 3 - 7 out of 8 pages.

Matering system : berfungsi sebagai system yang mengontrol dan mengatur pemakaian material dalam processing Control room yang dilengkapi panel-panel : berfungsi sebagai ruang pengontrol operasi kerja Unit pemadam kebakaran : berfungsi untuk mengontrol, mencegah, dan mengatasi kebakaran yang terjadi di platform Unit pengangkut barang : berfungsi sebagai satuan yang mengangkut barang atau keutuhan yang diperlukan di CPA Unit pemukiman kerja : berfungsi sebagai tempat tinggal pekerja yang sedang bertugas di CPA Panel safety system dan perangkat peralatan keselamatan kerja Panel safety system erfungsi apabila proses fasilitas anjungan minyak di lepas pantai mengalami situasi darurat. sistem ini digunakan untuk mematikan sistem produksi hydrokarbon dengan menarik tombol.
Image of page 3
Gambar Oil Processing Area/ CPA 2) Satellite Platform Merupakan anjungan dengan fasilitas pemisahan yang berada di dekat anjungan produksi dimana biasanya anjungan ini dirangkaikan dengan salah satu anjungan produksi yang berfungsi sebagai suatu stasiun operasi produksi (satellite). Peralatan yang terdapat di satelite platform :
Image of page 4
Separator : berfungsi untuk memisahkan gas, minyak, dan air Ada 2 macam separator berdasarkan jenis fluida yang dipisahkan : 2 phase separator. 2 phase separator berguna untuk memisahkan semua cairan dari gas, dan 3 phase separator.3 phase separator berguna untuk memisahkan gas, air dan minyak. Ada 3 jenis separator berdasarkan bentuknya: -. Separator Horizontal : Biasanya digunakan untuk memisahkan minyak dengan gas yang mempunyai GOR tinggi (Gas Oil Ratio/Perbandingan Gas dan Minyak). Digunakan untuk kapasitas pemisahan yang besar. Mudah pemasangannya. Baik untuk menerima aliran yang stabil. -. Separator Vertikal Biasanya digunakan untuk pemisahan minyak dengan GOR yang rendah. Baik untuk menerima aliran yang relatif tidak stabil. Mudah dibersihkan. Pemasangannya tidak memerlukan tempat yang luas -.Separator Spherical ( Bulat) Lebih padu dari tipe yang lain Kapasitas surge cairan dan ruang pemisah yang terbatas Scrubber gas Oil skinner Chemical Electric Free water knock out Surge tank Pig laucher dan pig receiver : berfungsi sebagai tempat menerima dan mengirimkan pig (pembersih flowline) Pigging dilakukan secara berkala untuk membersihkan internal pipe dari kotoran kotoran (endapan-endapan lumpur) akibat proses industri ataupun sisa pengeboran minyak ataupun air yang terjebak akibat kontur dari tanah yang dapat mengakibatkan korosi, yang mengakibatkan bocornya pipa minyak ataupun gas yang dapat merugikan perusahaan dan mengancam keselamatan orang. Oleh karena itu perlu pipeline harus dibersihkan dengan pigging sehingga setiap ujung-ujung pipelines biasanya ada alat fasilitas yang disebut pig
Image of page 5
launcher (peluncur pig) dan pig receiver (penerima pig). Di dalam pengoperasian pigging, perlu mengenal alat-alat monitor untuk keselamatan yang terdapat di peluncur dan penerima pig dalam penggunaannya perlu diperhatikan tekanan & temperatur kerja sebelum ataupun sesudah meluncurkan pig.
Image of page 6
Image of page 7

You've reached the end of your free preview.

Want to read all 8 pages?

  • Spring '10
  • johor

  • Left Quote Icon

    Student Picture

  • Left Quote Icon

    Student Picture

  • Left Quote Icon

    Student Picture