201 9 3 Akuntansi Perhotelan Pusat Bahan Ajar dan eLearning Putri Dwi Wahyuni

201 9 3 akuntansi perhotelan pusat bahan ajar dan

This preview shows page 3 - 6 out of 17 pages.

201 9 3 Akuntansi Perhotelan Pusat Bahan Ajar dan eLearning Putri Dwi Wahyuni, SE.,M.Ak
Image of page 3

Subscribe to view the full document.

Klasifikasi menurut Jumlah Kamar yang Dimiliki Dilihat dari jumlah kamar yang dimiliki, maka hotel dapat diklasifikasikan menjadi: 1) Hotel Kecil, dengan jumlah kamar sampai dengan 25 kamar 2) Hotel Sedang, dengan jumlah kamar sampai dengan 100 kamar 3) Hotel Menengah, dengan jumlah kamar sampai dengan 300 kamar 4) Hotel Besar, dengan jumlah kamar sampai dengan lebih dari 300 kamar Klasifikasi menurut Lokasi Hotel Dari sisi lokasi, hotel dapat diklasifikasikan sebagai berikut: 1) Hotel Bandara ( airport hotel ), terletak dengan bandara 2) Hotel di tengah kota ( city hotel ), lokasi di tengah kota 3) Hotel Komersial ( commercial hotel ), lokasi hotel di pusat bisnis 4) Hotel Pantai ( beach hotel ), lokasi di tepi pantai 5) Hotel Stasiun (railway hotel), dekat dengan stasiun kereta api 6) Hotel Jalan Raya ( highway hotel ), dekat dengan jalan bebas hambatan 7) Hotel Pelabuhan ( harbour hotel ), berdekatan dengan pelabuhan laut 8) Hotel Pegunungan ( mountain hotel ), lokasi hotel berada di daerah pegunungan Klasifikasi menurut Jenis Tamu Dipandang dari tujuan kedatangan tamu, hotel dapat dibedakan menjadi: 1. Untuk bisnis 2. Untuk pemeliharaan kesehatan (penyembuhan) 3. Liburan 4. Kompetisi olah raga 5. Tugas kedinasan Klasifikasi menurut Lama Tinggal Tamu Bila dilihat dari rata-rata lama tinggal tamu, maka hotel dapat diklasifikasikan menjadi: 1. Transient Hotel : Bila rata-rata lama tinggal tamu relatif singkat, sampai dengan 7 hari 2. Resident Hotel : Bila rata-rata lama tinggal tamu untuk jangka waktu yang lama Klasifikasi menurut Masa Operasi Hotel 1. Hotel Musiman ( seasional hotel ): di negara-negara yang memiliki 4 (empat) musim, hotel hanya beroperasi pad musim tertentu 201 9 4 Akuntansi Perhotelan Pusat Bahan Ajar dan eLearning Putri Dwi Wahyuni, SE.,M.Ak
Image of page 4
2. Beroperasi Sepanjang Tahun ( all year round ): hotel yang beroperasi sepanjang tahun Klasifikasi menurut Jenis Layanan yang di berikan Dilihat dari jenis layanan yang diberikan, hotel dibagi menjadi: 1) Deluxe Hotel: memberikan layanan yang lengkap dan istimewa kepada tamunya. Layanan yang lux hotel tercermin dari harga kamar, fasilitas yang ditawarkan dan kemampuan serta kompetensi karyawan hotel yang tinggi dalam memberikan layanan untuk para tamunya 2) Ekonomi Hotel: memberikan layanan yang terbatas, misalnya hanya untuk layanan kamar; demikian (ulas, harga kamar yang ditawarkan lebih murah serta fasilitas yang ditawarkan ole hotel kepada tamunya juga terbatas) Karakteristik Produk Hotel Hotel sebagai industri jasa memiliki beberapa karakteristik produk dengan kekhasan sebagai berikut: 1) Tamu terlibat dalam proses produksi, misal ketika tamu menikmati makanan di restoran, makanan pesanan tamu diolah di hadapan tamu produk minuman campuran diproduksi di depan tamu ketika berada dibar 2) Tidak dapat dipakai sampel, produk harus dinikmati langsung oleh tamu 3) Jasa yang tidak terjual pada hari tertentu tidak dapat disimpan dan dikompensasikan dengan penjualan pada hari berikutnya. Jadi, kamar yang tidak dapat terjual hari ini, tidak
Image of page 5

Subscribe to view the full document.

Image of page 6
  • Fall '16

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern

Ask Expert Tutors You can ask You can ask ( soon) You can ask (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes