2 Kejang berlangsung hanya sebentar saja tidak lebih dari 15 menit 3 Kejang

2 kejang berlangsung hanya sebentar saja tidak lebih

This preview shows page 13 - 16 out of 25 pages.

2. Kejang berlangsung hanya sebentar saja, tidak lebih dari 15 menit. 3. Kejang bersifat umum. 4. Kejang timbul dalam 16 jam pertama setelah timbul demam. 5. Pemeriksaan saraf sebelum dan sesudah kejang normal. 6. Pemeriksaan EEG yang dibuat sedikitnya 1 minggu sesudah suhu normal tidak menunjukkan kelainan. 7. Frekuensi bangkitan kejang di dalam 1 tahun tidak melebihi 4 kali. 13
Image of page 13

Subscribe to view the full document.

Kejang demam yang tidak memenuhi salah satu atau lebih dari ketujuh kriteria modifikasi Livingston di atas digolongkan pada epilepsi yang diprovokasi oleh demam. 3.4.2 Klasifikasi menurut Prichard dan Mc Greal Prichard dan Mc Greal membagi kejang demam atas 2 golongan, yaitu: 1. Kejang Demam Sederhana 2. Kejang Demam Tidak Khas Ciri-ciri kejang demam sederhana ialah: 1. Kejangnya bersifat simetris, artinya akan terlihat lengan dan tungkai kiri yang kejang sama seperti yang kanan. 2. Usia penderita antara 6 bulan – 4 tahun. 3. Suhu 100 o F (38 o C, rectal ) atau lebih. 4. Lamanya kejang berlangsung kurang dari 30 menit. 5. Keadaan neurologi (fungsi saraf) normal atau setelah kejang juga tetap normal. 6. EEG ( electro encephalography – rekaman otak) yang dibuat setelah tidak demam adalah normal. Kejang demam yang tidak memenuhi butir tersebut diatas digolongkannya sebagai kejang demam tidak khas. 3.4.3 Klasifikasi menurut Fukuyama Fukuyama juga membagi kejang demam menjadi 2 golongan, yaitu: 1. Kejang demam sederhana 2. Kejang demam kompleks Kejang demam sederhana harus memenuhi semua kriteria berikut, yaitu: 1. Dikeluarga penderita tidak ada riwayat epilepsi. 2. Sebelumnya tidak ada riwayat cedera otak oleh penyebab apapun. 3. Serangan kejang demam yang pertama terjadi antara usia 6 bulan – 6 tahun. 4. Lamanya kejang berlangsung tidak lebih dari 20 menit. 5. Kejang tidak bersifat fokal. 6. Tidak didapatkan gangguan atau abnormalitas pasca kejang. 7. Sebelumnya juga tidak didapatkan abnormalitas neurologis atau abnormalitas perkembangan. 8. Kejang tidak berulang dalam waktu singkat. Bila kejang demam tidak memenuhi kriteria tersebut di atas, maka digolongkannya sebagai kejang demam jenis kompleks. 14
Image of page 14
Akhir-akhir ini kejang demam diklasifikasikan menjadi 2 golongan, yaitu: 1. Kejang Demam Sederhana ( Simple febrile seizure ) Kejang demam sederhana adalah kejang demam yang berlangsung singkat, kurang dari 15 menit, dan umumnya akan berhenti sendiri. Kejang berbentuk umum tonik dan atau klonik, tanpa gerakan fokal. Kejang tidak berulang dalam waktu 24 jam. 2. Kejang Demam Kompleks ( Complex febrile seizure ) Kejang demam kompleks adalah kejang demam dengan salah satu ciri berikut ini: berlangsung lebih lama dari 15 menit, kejang fokal atau parsial satu sisi, atau kejang umum didahului kejang parsial, berulang atau lebih dari 1 kali dalam 24 jam. 3.5 Etiologi Penyebab kejang demam hingga kini masih belum diketahui dengan pasti. Ada beberapa faktor yang mungkin berperan dalam menyebabkan kejang demam, yaitu: 1. Demamnya sendiri.
Image of page 15

Subscribe to view the full document.

Image of page 16
  • Summer '10

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern

Ask Expert Tutors You can ask You can ask ( soon) You can ask (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes