Setelah ditransformasi menunjukkan nilai signifikansi

This preview shows page 98 - 101 out of 134 pages.

setelah ditransformasi menunjukkan nilai signifikansi menjadi > 0,05, yang menunjukkan semua data terdistribusi secara normal. 2. Uji Asumsi Klasik a. Uji Multikolinieritas Uji asumsi klasik pertama yang dilakukan adalah uji multikolinieritas, yaitu untuk mengetahui ada tidaknya masalah multikolinieritas pada suatu model persamaan. Cara yang dilakukan dapat dengan melihat pada nilai tolerance atau nilai VIF . Apabila nilai tolerance > 0,1 atau VIF < 10, dapat dinyatakan tidak terjadi masalah multikolinieritas. Sebaliknya bila nilai tolerance < 0,1 dan VIF > 10 maka terjadi masalah multikolinieritas. Untuk uji pertama (Uji Hipotesis 1) tidak dilakukan uji ini karena uji hipotesis 1 adalah uji regresi sederhana yang hanya melibatkan 1 variabel dependen dan
Image of page 98
xcix 1 variabel independen. Hasil uji multikolinieritas dari persamaan regresi yang dijalankan pada penelitian ini dapat dilihat di tabel 2 pada lampiran 3 skripsi ini. Pada tabel 1 yang terdapat dilampiran 3 terlihat nilai VIF untuk 40 model persamaan regresi (Minus uji 1) menyatakan nilai VIF yang kurang dari angka 10, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dari keseluruh model regresi yang diujikan ini tidak ditemui gejala multikolinieritas. b. Uji Autokorelasi Uji asumsi klasik selanjutnya adalah uji autokorelasi pada tiap model regresi yang dijalankan. Untuk mendeteksi ada tidaknya masalah autokorelasi dapat dilihat dari nilai Durbin-Watson di tiap persamaan regresi tersebut. Selanjutnya berdasar Ghozali (2006 : 97) nilai dari Durbin-Watson test tersebut dibandingkan dengan nilai pada tabel Durbin-Watson test , dengan jumlah variabel k = 2 dan uji hipotesis 1 dan 2 dengan 141 data, uji hipotesis 3a dengan 62 data, uji hipotesis 3b sebanyak 79 data, uji hipotesis 4 untuk portofolio 1 sampai 4 masing-masing 28 data dan untuk portofolio 5 sebanyak 29 data. Hasil uji autokorelasi untuk setiap regresi yang dilakukan dapat disimak pada tabel 3 dibagian lampiran 3 skripsi ini. Dari 41 model regresi diujikan ditemui 9 (tanda *) gejala autokorelasi yang terdeteksi yaitu keadaan no decision atau lebih
Image of page 99
c spesifiknya berada hanya pada keadaan tidak terdapat autokorelasi positif, sedangkan keadaan negatifnya tidak dapat dijelaskan (Ghozali, 2006 : 96), sebanyak sembilan masalah tersebut cukup beragam, mulai dari keadaan terjadi autokorelasi sampai nilai D-W test terletak di area keragu-raguan ( grey area ). Penanganan dari tiap autokorelasi ini dengan menggunakan metode GLS yang dikemukakan oleh Gujarati (1999 : 392) sehingga setelah transformasi data dengan lag dan menghitung rho kesembilan model yang bermasalah tadi dapat terbebas dari masalah autokorelasi. c. Uji Heteroskedastisitas Uji asumsi klasik yang terakhir dilakukan adalah pendeteksian heteroskedastisitas dengan menggunakan pendekatan uji Glejser . Apabila nilai sign > 0,05 maka disebut homoskedastisitas namun kebalikannya bila nilai sign < 0,05 maka suatu model regresi dinyatakan terjadi masalah heteroskedastisitas.
Image of page 100
Image of page 101

You've reached the end of your free preview.

Want to read all 134 pages?

  • Fall '19

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern

Stuck? We have tutors online 24/7 who can help you get unstuck.
A+ icon
Ask Expert Tutors You can ask You can ask ( soon) You can ask (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes
A+ icon
Ask Expert Tutors