Senthong kiwa senthong tengen dan senthong tengah

This preview shows page 38 - 41 out of 54 pages.

senthong kiwa , senthong tengen dan senthong tengah . Bagian tengah dari bangunan dengan gaya arsitektur Jawa yakni senthong tengah berfungsi sebagai tempat pemujaan. Ruang tengah sebagai ruang yang sakral dipengaruhi oleh gaya arsitektur Hindu dimana pada diagram mandala, bagian tengah merupakan bagian yang paling suci dan memiliki makna Ketuhanan. Pola tatanan ruang masjid merupakan pola tata ruang rumah tradisonal Jawa yang dirubah fungsinya menjadi bangunan publik. Table 4.21. Pola tata ruang bangunan masjid No. Nama Ruang Arsitektur Jawa Masjid Sulthoni Plosokuning 1. Pendopo Bekumpul dan menerima tamu Bermusyawarah, belajar dan kegiatan kebersamaan 2. Dalem Ruang keluarga yang privat - 3. Sentong Tengah Kegiatan pemujaan Ruang sholat laki-laki 4. Sentong Tengen Ruang tidur dan menyimpan harta benda Tempat sholat wanita 5. Sentong Kiwa Ruang tidur dan menyimpan harta benda Tempat sholat wanita 6. Mihrab - Tempat imam sholat 4.12. Material bangunan Material bangunan yang digunakan terdiri dari kayu sebagai material struktur kolom dan atap, serta batu bata sebagai material dinding. Ketebalan dinding pada bangunan kompleks masjid ini pada awal masa pembangunan ialah 2 bata, karena terjadi pengikisan, ketebalan dinding yang tersisa sekarang hanya 1 bata saja. Material penutup atap pada
Image of page 38

Subscribe to view the full document.

34 awalnya menggunakan sirap, namun setelah renovasi, material penutup atap diganti menjadi genteng untuk perawatan yang lebih mudah. Candi-candi yang masih ada hingga sekarang memiliki material dari batu andesit.Karena dibangun dari material batu, maka candi tersebut dapat bertahan hingga sekarang. Sementara pada relief yang terdapat pada candi batu zaman klasik tengah dan klasik muda, ditemukan wujud candi yang memiliki material kayu, yang tidak dapat bertahan hingga sekarang karena kelapukan. Karakteristik tipe candi kayu adalah bangunan yang menggunakan alas yang berbahan material batu atau bata sedangkan badan dan atap bermaterial kayu. Tipe ini merupakan bentuk yang paling sederhana dalam pemanfaatan kayu sebagai material kayu. Dasar bangunan ini menggunakan material batu atau bata (Rahadian, 2013). 4.13. Atap bangunan masjid Penutup atap menggunakan atap sirap, atap sirap digunakan dari awal masjid dibangun hingga tahun 1946. Penggantian atap masjid dengan genting dikarenakan pemeliharaan sirap pada waktu itu mulai sulit. Material sirap pada atap masjid pada waktu itu memiliki kesamaan dengan material yang dipakai pada atap candi kayu. Tabel 4.22. Foto struktur konstruksi atap masjid Gambar 4.23. Struktur konstruksi atap masjid Material struktur atap masjid ini menggunakan material kayu, bagian atap tidak memiliki plafond di dalamnya sehingga struktur penopang atapnya terlihat. Keunikan dari struktur yang terdapat pada atap tumpang masjid ialah tidak ditemukannya kuda-kuda pada struktur atap yang menopang genteng sebagai penutup atap, struktur yang dipakai pada atap dengan reng dan kaso.
Image of page 39
35 4.14. Dinding bangunan masjid Wujud dinding pada masjid ini berupa jajaran kolom yang memiliki kesan terbuka
Image of page 40

Subscribe to view the full document.

Image of page 41
  • Fall '19

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern

Ask Expert Tutors You can ask 0 bonus questions You can ask 0 questions (0 expire soon) You can ask 0 questions (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes