49564-ID-fertilitas-penduduk-indonesia-hasil-sensus-penduduk-2010.pdf

Apabila pada waktu lahir tidak ada tanda tanda

Info icon This preview shows pages 14–16. Sign up to view the full content.

seberapa lama bayi tersebut dikandung. Apabila pada waktu lahir tidak ada tanda-tanda kehidupan disebut dengan lahir mati (sill birth) yang di dalam demografi tidak dianggap sebagai suatu peristiwa kelahiran. Pengukuran fertilitas lebih kompleks dibandingkan dengan pengukuran mortalitas karena berkaitan dengan pasangan dari perempuan dan bayi yang dilahirkan. Selain itu mengumpulkan data riwayat kelahiran berkaitan dengan masa lampau, yaitu harus menghitung jumlah kelahiran selama masa reproduksi. Kesulitan lainya adalah dalam membedakan apakah seorang bayi yang tercatat meninggal berasal dari kelahiran hidup atau kelahiran mati. Pada pengukuran fertilitas, penduduk yang diamati hanya penduduk perempuan pada periode masa reproduksi yaitu perempuan pada periode masa subur atau masa dimulai menstruasi pertama (menarche) sampai menapouse. Periode pengamatan masa subur yang digunakan adalah pada umur 15–49 tahun walaupun pertanyaan diajukan untuk umur 10 tahun keatas. Dalam pembahasan fertilitas dikenal pula istilah fekunditas. Jika fertilitas adalah jumlah anak yang dilahirkan hidup, maka fekunditas adalah kemampuan fisiologis dan biologis untuk melahirkan. Seorang perempuan yang secara biologis subur ( fecund ) tidak selalu melahirkan anak-anak yang banyak, misalnya dia mengatur fertilitas dengan abstinensi atau menggunakan alat-alat kontrasepsi. Kemampuan biologis seorang perempuan untuk melahirkan sangat sulit diukur. Ahli demografi hanya menggunakan pengukuran terhadap kelahiran hidup ( live birth ). Untuk bisa terjadinya kelahiran melibatkan dua orang (memiliki pasangan) yang masing-masing saling mempengaruhi dalam penentuan jumlah anak. Angka fertilitas (ASFR dan TFR) diukur berdasarkan jumlah kejadian fertilitas dibagi dengan penduduk yang menanggung risiko melahirkan. Tidak semua perempuan
Image of page 14

Info icon This preview has intentionally blurred sections. Sign up to view the full version.

6 Fertilitas Penduduk Indonesia mengalami atau memiliki risiko melahirkan (tidak ada pasangan, mandul/steril) sehingga sulit menentukan penduduk yang termasuk menanggung risiko. Seseorang perempuan yang telah melahirkan masih dapat melahirkan lagi, kemampuan melahirkan dapat lebih dari satu kali dengan demikian walaupun telah melahirkan risiko melahirkan tidak berarti turun, karena masih ada pilihan baginya untuk melahirkan lagi atau tidak. Ada dua pendekatan dalam ukuran fertilitas, antara lain: 1. Ukuran tahunan ( yearly performance ), mengukur jumlah kelahiran pada tahun tertentu dihubungkan dengan jumlah penduduk pada tahun tersebut; dalam tulisan ini disajikan CBR, ASFR dan TFR. 2. Ukuran riwayat kelahiran ( reproductive history ), atau fertilitas kumulatif mengukur jumlah rata-rata anak yang dilahirkan seorang perempuan hingga akhir batas usia subur. Ukuran reproduksi yaitu GRR, NRR, CEB, CWR. Ukuran reproduksi yang dimaksud adalah berkenaan dengan kemampuan seorang perempuan untuk mengantikan dirinya. Oleh karena itu hanya bayi perempuan yang disertakan dalam penghitungan ukuran reproduksi. Dalam tulisan ini hanya disajikan CWR.
Image of page 15
Image of page 16
This is the end of the preview. Sign up to access the rest of the document.
  • Spring '17
  • Muhammad Fadli

{[ snackBarMessage ]}

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern