Secara lebih rinci dapat dirumuskan bahwa fungsi

This preview shows page 7 - 10 out of 14 pages.

Secara lebih rinci dapat dirumuskan bahwa fungsi paragraf pengembang di dalam karangan adalah a. Mengemukakan inti persoalan. b. Mempersiapkan dasar atau landasan bagi kesimpulan. c. Meringkas alinea sebelumnya. d. Menjelaskan hal yang akan diuraikan pada paragraf berikutnya. 3. Paragraf/Alinea Penutup Paragraf penutup adalah paragraf yang terdapat pada akhir karangan atau pada akhir suatu kesatuan yang lebih kecil di dalam karangan itu. Paragraf penutup berupa simpulan semua pembicaraan yang telah dipaparkan pada bagian-bagian sebelumnya. Karena paragraf ini dimaksudkan untuk mengakhiri karangan atau bagian karangan, penyajiannya harus memperhatikan hal berikut ini. a. Sebagai bagian penutup, paragraf ini tidak boleh terlalu panjang.
Image of page 7
b. Isi paragraf harus benar-benar merupakan penutup atau kesimpulan akhir sebagai cerminan inti seluruh uraian. c. Sebagai bagian paling akhir yang dibaca, hendaknya paragraf ini dapat menimbulkan kesan yang mendalam bagi pembacanya. E. Tanda Paragraf/Alinea Sebuah paragraf dapat ditandai dengan memulai kalimat pertama agak menjorok ke dalam, kira-kira lima ketukan mesin ketik atau kira-kira dua sentimeter. Agar para pembaca mudah dapat melihat permulaan tiap paragraf sebab awal paragraf ditandai oleh kalimat permulaannya yang tidak ditulis dengan sejajar dengan garis margin atau garis pias kiri. Penulis dapat pula menambahkan tanda sebuah paragraf itu dengan memberikan jarak agak renggang dari paragraf sebelumnya. F. Rangka atau Struktur Paragraf Sebelum membahas mengenai struktur paragraf, yang perlu kita ketahui adalah ciri-ciri paragraf, yaitu: a. Paragraf menggunakan pikiran utama yang dinyatakan dalam kalimat topik. b. Setiap paragraf menggunakan satu kalimat topik, selebihnya merupakan kalimat penjelas dalam menguraikan kalimat topik. c. Paragraf mengunakan pikiran penjelas yang dinyatakan dalam kalimat penjelas paragraf hanya berisi satu kalimat topik dan beberapa kalimat penjelas. Adapun kalimat penjelas atau pendukung sesuai dengan namanya berfungsi mendukung atau menjelaskan ide utama yang terdapat di dalam kalimat topik. Ciri kalimat topik dan kalimat penjelas adalah sebagai berikut. Ciri kalimat topik: a. Mengandung permasalahn yang potensial untukdirinci dsn diuraikan lebih lanjut. b. Merupakan kalimat lengkap yang dapat berdiri sendiri. c. Mempunyai arti yang cukup jelas tanpa harus dihubungkan dengan kalimat lain dalam satu paragraf. d. Dapat dibentuk tanpa bantuan kata sambung atau penghubung/transisi.
Image of page 8
Ciri kalimat penjelas: a. Sering merupakan kalimat yang tidak dapat berdiri sendiri (dari segi arti) b. Arti kalimat ini kadang-kadang baru jelas setelah dihubungkan dengan kalimat lain dalam satu paragraf. c. Pembentukannya sering memerlukan bantuan kata sambung atau frasa penghubung/transisi.
Image of page 9
Image of page 10

You've reached the end of your free preview.

Want to read all 14 pages?

  • Fall '19

  • Left Quote Icon

    Student Picture

  • Left Quote Icon

    Student Picture

  • Left Quote Icon

    Student Picture