23 Prusen Kentang Pengolah adalah orang atau badan usaha yang membeli kentang

23 prusen kentang pengolah adalah orang atau badan

This preview shows page 9 - 11 out of 50 pages.

2.3 Prusen Kentang Pengolah adalah orang atau badan usaha yang membeli kentang kentang sebagai bahan baku untuk diproses menjadi produk akhirnya. Kategori pengolah yang diwawancarai adalah pengusaha keripik kentang dan makan ringan dari kentang, fast food restaurant, restaurant lokal, dan penjual makanan. Produksi akhir mereka berupa keripik kentang, makanan ringan, kentang goreng, soup, perkedel, sambal goreng, semur, dan kue kentang, dan berbagai macam masakan tradisional lainnya. Umumnya mereka membeli dari pasar induk atau disuplai dari suplier tertentu, bahkan pengolah-pengolah skala kecil membeli di pasar lokal. Rata-rata kebutuhan mereka bervariasi dari 1 kg sampai 2 ton dengan frekuensi pemberian sehari sekali sampai seminggu sekali. Kapasitas pembelian sulit untuk dipolakan kecuali bagi pengolah yang cukup besar seperti industri keripik kentang. Produsen keripik kentang lah yang membeli umumnya membeli dalam jumlah besar mencapai 2 ton perminggu. Sementara umunya restoran, catering, dan penjual makanan jajanan membutuhkan dalam jumlah besar yang relatif kecil. Fluktulasi kebutuhan tidak terlihat dengan jelas. Mereka umunya menyatakan bahwa pada bulan-bulan tertentu pada bulan puasa, idul fitri, musim pernikahan, tahun baru dan natal, kebutuhan mereka umunya meningkat. Dalam memilih kentang mereka menyukai atribut-atribut yang hampir serupa yaitu ukuran yang besar/ medium, kuning, kadar air yang rendah, matang/tua, keras, serta mulus kulitnya. Beberapa responden terutama produsen keripik kentang menyebut varietas tertentu saja yang dia butuhkan, dan beberapa juga menyebutkan memilih bentuk yang lonjong. Alasan memilih atribut-atribut EKONOMI MIKRO Page 9
Image of page 9
di atas adalah indicator kualitas yang baik, bagus hasil gorengannya dan tidak hancur, enak rasanya, tahan lama, enak, tidak beracun, mudah diolah/dikupas. para pengolah umunya sangat responsif terhadap perubahan atribut harag yang rendah serta kualitas yang bagus. Namun mereka umunya tidak tertarik sama sekali untuk membeli banyak ketika dirangasang dengan atribut kemasan yang bagus, informasi gizi, dan informasi resep masakan. Untuk kentang dengan bentuk lonjong beberapa pengolah sangat responsif membeli banyak apabila harga rendah bahkan sama. Hal ini dapat dimaklumi beberapa pengolah memang membutuhkan kentang lonjong. Meskipun demikian ada yang hanya mau membeli kalau harganya murah dan tidak ada yang membeli lebih kalau harganya lebih mahal. Jadi para pegolah tidak mempersepsikan bahwa kentang lonjong memiliki kualitas yang lebih bagus. Mayoritas pengolah tidak tertarik untuk membeli lebih kentang merah meskipunharganya lebih rendah. Apalagi kalau harganya sama mereka tidak ada satupun yang mau membeli lebih banyak. Persepsi terhadap kentang merah agaknya lebih rendah daripada kentang kuning.
Image of page 10
Image of page 11

You've reached the end of your free preview.

Want to read all 50 pages?

  • Spring '17

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern

Stuck? We have tutors online 24/7 who can help you get unstuck.
A+ icon
Ask Expert Tutors You can ask You can ask You can ask (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes
A+ icon
Ask Expert Tutors