Gambar 1 Bagian bagian mikropipet Bagian bagian dari mikropipet terdiri dari

Gambar 1 bagian bagian mikropipet bagian bagian dari

This preview shows page 12 - 15 out of 21 pages.

Gambar 1. Bagian-bagian mikropipet Bagian-bagian dari mikropipet terdiri dari Automatic Pipettor dan Pipette tips. Automatic Pipettor berfungsi untuk memompa cairan yang akan dipindahkan dengan volume yang telah diset, sedang Pipette tips merupakan pasangan mikropipet yang berfungsi untuk menampung cairan yang dipompa. Ada beberapa tahapan untuk mengoperasikan mikropipet secara benar yang antara lain :
1. Set volume 2. Pasang tip disposable 3. Tekan penyedot sampai pembatas pertama 4. Masukkan tip ke sampel 5. Ambil sampel 6. Tahan 7. Tarik tip 8. Keluarkan sampel 9. Tarik pipet 10. Lepaskan tekanan penyedot 11. Lepaskan tip 2.4. Isolasi DNA dan RNA Isolasi DNA merupakan proses untuk memperoleh DNA murni. DNA total yang diisolasi meliputi DNA inti dan sitoplasma (DNA mitokondria dan atau DNA kloroplas). DNA total dapat digunakan sebagai stok untuk penelitian analisis keanekaragaman genetik (Tasiah, 2014). Isolasi pada DNA ikan terdapat beberapa metode yaitu metode dengan menggunakan kit ekstrasi DNA, metode CATB ( Cationic Hexadecyl Trimethyl Ammonium Bromide ) dengan phenol , metode modifikasi CTAB dan metode ekstrksi DNA dengan Thermal lysis. Beberapa metode ini merupakan metode umum yang digunakan untuk isolasi DNA yang mengalami modifikasi sehingga dapat digunakan untuk menisolasi DNA ikan. DNA hasil isolasi dari metode tersebut kemudian diukur konsentrasi dan kemurniannya dengan menggunakan spektofotometer, kemudian dielektroforesis untuk melihat kualitas DNA hasil isolasi (Mulyani et al., 2011). Praktikum isolasi DNA pada ikan gurami (O. guramy) menggunakan kit ekstrasi DNA dengan nama dagangnya PureLink®. Langkah pertama yang dilakukan dalam isolasi DNA ini ialah persiapan Lysate. Lysate adalah sejumlah cairan yang mengandung komponen sel yang telah lisis. Metode dalam persiapan lyasate menggunakan beberapa bahan seperti buffer digesti, proteinase K, RNAase A, Buffer lisis dan etanol. Fungsi dari penambahan proteinase K ini adalah untuk memotong-motong atau memutus ikatan peptida dari protein.
Fungsi penambahan RNase A yaitu untuk menghancurkan RNA sehingga DNA dapat diisolasi secara utuh. Fungsi dari penambahan etanol yaitu untuk mengikat strandDNA yang telah terkumpul dan fungsi dari buffer lisis atau binding buffer yaitu untuk melisiskan sel. Sentifugasi merupakan teknik untuk memisahkan campuran berdasarkan berat molekul komponennya tujuan dilakukannya sentrifugasi agar dalam proses isolasi DNA akan didapatkan DNA murni yang bebas dari kotoran-kotoran sel maupun RNA dan protein. waterbath berfungsi sebagai tempat inkubasi sampel DNA, inkubasi bertujuan untuk melisiskan sel dan vortex digunakan untuk menghomogenkan larutan dengan prinsip menggunakan energi listrik (Utami et al., 2013). Langkah kedua dari isolasi DNA yaitu Binding DNA. Binding DNA menggunakan alat spin column/high pure filter dan pasangannya yaitu collection tube. Fungsi dari spin column untuk memisahkan natan dan supernatan yang diperoleh pada proses sentrifugasi.

  • Left Quote Icon

    Student Picture

  • Left Quote Icon

    Student Picture

  • Left Quote Icon

    Student Picture