Sistem pemisahan ini kemudian dikenal secara kolektif

This preview shows page 3 - 5 out of 16 pages.

am yang jauh lebih besar. Sistem pemisahan ini kemudian dikenal secara kolektif sebagai apa rtheid. Pemencilan ini dimaksudkan kulit putih untuk mengontrol kekayaan yang mempercepat indu strialisasi dari 1950an, '60an, dan ' 70an. Selama minoritas Kulit Putih menikmati standar pal ing tinggi di seluruh Afrika, seringkali dibandingkan dengan negara-negara barat Dunia Perta ma, mayoritas Kulit Hitam tetap dirugikan dalam setiap tingkat, meliputi pendapatan, pendid ikan, rumah, dan tingkat harapan hidup. Pada 31 Mei 1961, mengikuti referendum orang- orang kulit putih, negara ini menjadi sebuah republik dan meninggalkan Persemakmuran (Bri tania). Ratu Elizabeth II tidak lagi menjadi kepala negara dan Gubernur Jendral terakhir menj adi Presiden Negara. Apartheid menjadi semakin kontroversial, mendorong ke arah meluasnya sanksi internasiona l, divestasi dan kerusuhan serta penindasan dalam Afrika Selatan. Suatu periode panjang pen indasan oleh pemerintah, dan kadang-kadang dengan kekerasan, pemogokan, demonstrasi, protes, dan sabotase dengan menggunakan bom atau cara lain, oleh berbagai gerakan anti- apartheid yang diikuti terutama oleh Kongres Nasional Afrika (ANC). C. Dampak politik Apartheid bagi Afrika Selatan Orang-orang kulit hitam yang semula tidak mengerti bahwa kebijakan pemerintahannya, lam bat laun mengerti bahwa tujuan sebenarnya adalah diskriminasi rasial (perbedaan warna kul it). Oleh karena itu mereka bangkit mengadakan perlawanan, tetapi pemerintaha Pieter Both a dengan kejam menumpas setiap perlawanan yang terjadi. Banyak tokoh-tokoh kulit hitam yang dijebloskan dalam penjara, seperti tokoh kharismatik Nelson Mandela yang terpaksa m endekam dalam penjara selama 27 tahun. Politik Apartheid dirancang oleh Hendrik Verwoed. Apartheid menurut bahasa resmi Afrika S elatan adalah Aparte Ontwikkeling artinya perkembangan yang terpisah. Memperhatikan makna dari arti Apartheid itu kedengarannya baik yaitu tiap golongan masya rakat, baik golongan kulit putih maupun golongan kulit hitam harus sama-sama berkembang. Tapi perkembangan itu didasarkan pada tingkatan sosial dalam masyarakat yang pada prakte knya menjurus pada pemisahan warna kulit dan terjadinya penistaan dari kaum penguasa ku lit putih terhadap rakyat kulit hitam.Verwoed menyusun rencana pembentukan homeland, y ang disebut juga Batustan. Homeland dilaksanakan dengan diadakannya pembagian kembali Afrika Selatan berdasarkan wilayah kesukuan.
Image of page 3

Subscribe to view the full document.

Tiap orang kulit hitam Afrika Selatan diharuskan menjadi warga negara salah satu homeland atas dasar tempat lahirnya. Untuk memantapkan proyek homeland dikeluarkan bantuan biay a untuk perangsang termasuk perangsang untuk pemasukan modal dari luar untuk homelan d. Kemajuan-kemajuan kecil tampak dari proyek itu. D. Berakhirnya Politik Apartheid di Afrika Selatan Pemisahan suku di Afrika selatan mendapat tanggapan dari dunia lnternasional. Di Afrka sela tan sering terjadi pemberontakan-pemberontakan untuk menghapus pemerintahan Aparthe id. Gerakan yg terkenal dilakukan oleh rakyat kulit hitam di Afrika selatan dipelopori oleh Afri can National Congrees (ANC) dibawah pimpinan Nelson Mandela. Pada pemerintahan Freder
Image of page 4
Image of page 5
  • Fall '19

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern

Ask Expert Tutors You can ask 0 bonus questions You can ask 0 questions (0 expire soon) You can ask 0 questions (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes