Antara bentuk dan fungsinya secara menyeluruh dengan

This preview shows page 12 - 14 out of 54 pages.

antara bentuk dan fungsinya secara menyeluruh dengan menampilkan makna yang tersirat didalamnya. Arsitek sebagai perancang selalu memaknai (memberi arti) pada relasi fungsi dan bentuk bangunan tersebut. Penelusuran mendalam tentang relasi yang terkait antara sosok bentuk arsitektur dengan fungsi dan maknanya akan dapat membaca ciri dan karakteristik karya arsitektural sebagai perwujudan identitas arsitektur. Untuk itu proses penelusuran aspek bentuk akan dapat mengetahui secara rinci elemen-elemen yang mendukung terciptanya aspek fungsi dan maknanya, sehingga akan dapat ditelusuri sintesis arsitekturalnya sebagai state of the arts dari penelitian ini. Seperti telah diuraikan pada bagian depan, isu utama dalam penelitian adalah bagaimana mengkaitkan antara ciri dan karakteristik arsitektur berdasarkan teori archetypes, ordering principle dengan teori fbm (fungsi, bentuk dan makna) yang terjalin dalam satu kesatuan bentuk berdasarkan konteksnya. Diyakini bahwa unsur arsitektur selalu terdiri dari : (a) fungsi sebagai satu jenis atau kumpulan aktivitas, (b) bentuk sebagai rupa ruang atau ruangan fisik yang mengakomodasi aktivitas (c) makna atau arti yang ditangkap oleh pengamatnya dari tampilan akitivitas dan bangunan (Salura, 2010). 2.2. Peta Penelitian Salah satu langkah yang dapat dilakukan untuk mengedepankan sintesis arsitektural seperti yang diuraikan di atas adalah dengan melakukan penelitian atau riset. Kedepan dapat dipahami bahwa ada upaya dari para arsitek untuk melakukan kegiatan sintesis arsitektural, baik secara fisik maupun dalam tataran konsep. Dengan adanya penelitian yang jumlahnya cukup signifikan terhadap bangunan heritage, dengan demikian akan dapat diharapkan adanya hasil formulasi dan variasi sintesis arsitektural secara kualitatif. Penelitian yang dilakukan ini diharapkan dapat memberikan kontribusi pada stake- holder, yakni dalam upaya : (a) mendorong para arsitek untuk memiliki kesadaran akan perlunya melakukan upaya sintesis elemen arsitektural dalam kegiatan merancang
Image of page 12

Subscribe to view the full document.

8 bangunan di Indonesia, (b) mengembangkan keilmuan arsitektur dalam cakupan filosofis, teoritis dan metodologis dengan mengemukakan tema sentral sintesis arsitektural dan (c) menyebarkan perbendaharaan arsitektur dengan mempublikasikan hasil penelitian yang telah dilakukan secara meluas. 2.3. Budaya dan akulturasi Menurut Koentjaraningrat (2005), akulturasi merupakan proses sosial yang timbul apabila sekelompok manusia dengan suatu kebudayaan tertentu dihadapkan pada unsur- unsur dari suatu kebudayaan asing sehingga unsurunsur asing itu lamban-laun diterima dan diolah ke dalam kebudayaan sendiri, tanpa menyebabkan hilangnya kepribadian kebudayaan itu. Pengertian lain akulturasi merupakan proses sosial yang timbul apabila sekelompok manusia dengan suatu kebudayaan tertentu dihadapkan pada unsur-unsur dari suatu kebudayaan asing sehingga unsurunsur asing itu lamban-laun diterima dan diolah ke dalam kebudayaan sendiri, tanpa menyebabkan hilangnya kepribadian kebudayaan itu,
Image of page 13
Image of page 14
  • Fall '19

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern

Ask Expert Tutors You can ask 0 bonus questions You can ask 0 questions (0 expire soon) You can ask 0 questions (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes