Empat transaksi tersebut bila digolongkan berdasarkan

This preview shows page 4 - 5 out of 5 pages.

Empat transaksi tersebut bila digolongkan berdasarkan ruang lingkup bukti transaksinya dapat dibagi 2 yaitu, Bukti Internal dan Bukti Eksternal. Bukti Internal yaitu, bukti dari transaksi yang berhubungan dengan arus kas seperti penemerimaan dan pengeluaram kas serta bukti memorial yaitu bukti yang mencatat penyusutan yang terjadi pada aktiva perusahaan sedangkan, Bukti Eksternal yaitu, Bukti dari transaksi yang
Image of page 4

Subscribe to view the full document.

berhubungan dengan penjualan dan pembelian produk, bukti tersebut dapat berupa faktur ataupun kwitansi. B. Analisa Bukti Transaksi Sebelum dicatat, hendaknya bukti transaksi dianalisa terlebih dahulu apakah transaksi tersebut mempengaruhi harta, kewajiban, modal, pendapatan, atau beban dan apakah transaksi tersebut akan mengurangi atau menambah harta, kewajiban, modal, pendapatan, atau beban. Analisa juga apakah transaksi tersebut akan dicatat di sisi debit atau sisi kredit. Tujuan penganalisa ini adalah untuk menghindari kesalahan saat pencatatan. C. Jurnal Umum Jurnal umum adalah catatan akuntansi pertama yang dilakukan secara kronologis dan sistematis. Setiap bukti transaksi yang telah dianalisa harus segera dimasukkan ke dalam jurnal umum. Fungsi jurnal umum adalah untuk mengetahui transaksi secara kronologis dan peristiwa ekonomi yang pernah terjadi pada perusahaan. Jurnal umum terdiri dari kolom tanggal, keterangan, referensi (biasa disingkat “Ref”), debit, dan kredit. D. Buku Besar Buku besar adalah kumpulan dari akun-akun satu sama lain yang saling berhubungan dan merupakan satu kesatuan yang sistematis. Jurnal adalah buku pertama, sedangkan buku besar adalah buku terakhir. Fungsi buku besar yaitu untuk menyediakan informasi saldo buku besar. Buku besar terdiri dari kolom tanggal, uraian, referensi (disingkat ref), debit, kredit, dan saldo (yang dibagi menjadi debit dan kredit). E. Neraca Saldo Neraca saldo adalah bahan yang digunakan untuk menyusun laporan keuangan perusahaan. Sumbernya berasal dari buku besar. Neraca saldo menunjukkan saldo-saldo akun besar pada tanggal tertentu. Fungsi neraca saldo adalah untuk mengetahui saldo pada masing-masing akun dengan cepat dan mengendalikan kolom debit dan kredit (keduanya harus balance ). Neraca saldo berupa tabel yang berisi kolom kode akun (nomor), akun, debit, dan kredit. F. Laporan Keuangan Laporan keuangan adalah informasi akuntansi yang diperlukan untuk mengambil keputusan yang berkaitan dengan perusahaan. Terdapat beberapa jenis laporan keuangan yaitu laporan laba-rugi, laporan perubahan ekuitas, neraca, dan laporan arus kas.
Image of page 5
  • Spring '16

{[ snackBarMessage ]}

Get FREE access by uploading your study materials

Upload your study materials now and get free access to over 25 million documents.

Upload now for FREE access Or pay now for instant access
Christopher Reinemann
"Before using Course Hero my grade was at 78%. By the end of the semester my grade was at 90%. I could not have done it without all the class material I found."
— Christopher R., University of Rhode Island '15, Course Hero Intern

Ask a question for free

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern