Rumah tradisional jawa disebut omah griyadalem untuk

This preview shows page 14 - 16 out of 54 pages.

Rumah tradisional Jawa disebut omah (griya/dalem) untuk daerah kejawen (Yogyakarta), dimana rumah yang lengkap terdiri dari: pendapa, peringgitan, dalem, gandhok, langgar dan gedhokan untuk kandang hewan. Rumah atau omah adalah tempat atau panggenan yang berfungsi untuk segala kegiatan kehidupan rumah tangga yang bersifat profan yaitu makan, minum, istirahat dan sakral seperti beribadah, mengelola hasil panen dan kegiatan sosial lainnya. (a). Orientasi ruang Masyarakat Jawa mempercayai pengaruh kekuatan yang berasal dari keempat penjuru mata angin, atau biasa disebut Pajupat . Pajupat memengaruhi gaya arsitektur masyarakat Jawa dalam hal orientasi bangunan yang menghadap ke arah utara selatan. Orientasi
Image of page 14

Subscribe to view the full document.

10 rumah Jawa mengikuti sumbu kosmis pada arah utara-selatan. karena merupakan arah Sang Hyang Wisnu sebagai dewa penolong yang arif bijaksana, suka memberi pertolongan kepada yang lemah dan berpihak kepada yang benar. Diharapkan rumah yang menghadap utara akan membawa kebahagiaan dan ketentraman hidup bagi penghuninya (Frick, 1997). Di kalangan masyarakat Jawa, gunung merupakan sesuatu yang dianggap sakral, hal ini disebabkan karena gunung atau tempat yang tinggi dipercaya sebagai tempat tinggal dewa-dewa. Raja-raja Jawa menganggap mereka sebagai titisan dewa Wisnu yang berkedudukan di utara, yakni di gunung. Pengaruhnya terhadap arsitektur adalah dengan adanya konsep punden berundak yang merupakan konsep ruang yang menganggap ruang yang lebih tinggi adalah ruang yang lebih sakral (Pitana 2001 dan 2002). (b). Konsep ruang Pada masyarakat Jawa, konsep pola tata ruang dalam suatu rumah tradisional Jawa terdiri dari rumah induk dan rumah tambahan. Bagian depan pada rumah Jawa disebut pendopo , di tengah peringgitan dan yang paling belakang dan terdalam adalah dalem . Dalam wujud rumah Jawa terdapat beragam unsur yang dapat diidentifikasi dan secara langsung menunjukkan identitas dan kebudayaan Jawa (Frick, 1997). Soko guru, umpak dan ornamen Soko guru merupakan ciri khas bangunan berbentuk joglo pada rumah tradisonal jawa. Saka guru dibentuk di tengah-tengah. Ragam hias saka guru dapat dikelompokkan menjadi tiga bagian yakni umpak, saka (tiang), dan mayangkara. Menurut teori arsitektur rumah Jawa, ruang yang paling penting berada di tengah, struktur atap juga dimulai dari ruang tengah (Fauzy, 2013). Tumpangsari merupakan balok-balok yang disusun secara pyramid. Lubang paling atas tumpang sari ditutup dengan papan kayu yang disebut ceplok . Tumpangsari dibuat dalam lima, tujuh, dan Sembilan tingkatan yang semakin atas semakin mengecil. Beberapa literature tentang kebudayaan dan arsitektur Jawa menyebutkan bahwa efek visual yang ditimbulkan oleh tumpang sari. Umpak merupakan alas kolom yang dibuat dari batu alam. Umpak pada pendopo ada yang terbuat dari batu pualam maupun batu kali. Bentuk dan warna umpak dapat bermacam-macam. Terkadang pada umpak juga terdapat ukiran ornament khas Jawa.
Image of page 15
Image of page 16
  • Fall '19

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern

Ask Expert Tutors You can ask 0 bonus questions You can ask 0 questions (0 expire soon) You can ask 0 questions (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes