2 penyalahgunaan asset penyalahgunaan asset merupakan

This preview shows page 77 - 79 out of 154 pages.

2. Penyalahgunaan asset Penyalahgunaan asset merupakan kecurangan yang melibatkan pencurian atas asset milik suatu entitas.Istilah penyalahgunaan asset sering kali digunakan untuk mengacu pada pencurian yang dilakukan oleh pegawai dan pihak-pihak internal lainnya didalam suatu organisasi.Biasanya pelaku penyalahgunaan asset berada di tingkat hierarki organisasi yang lebih rendah.Namun, dapat juga melibatkan manajemen puncak. Kondisi yang Menyebabkan Terjadinya Kecurangan Sebagaimana dijelaskan dalam PSA 70 (SA 316), terdapat tiga kondisi yang menyebabkan kecurangan (segitiga kecurangan) : 1. Insentif / Tekanan. Manajemen atau pegawai lainnya memiliki insentif atau tekanan untuk melakukan kecurangan 2. Kesempatan. Situasi yang memberikan kesempatan bagi manajemen atau pegawai untuk melakukan kecurangan 3. Sikap/rasionalisasi. Adanya suatu sikap, karakter, atau seperangkat nilai-nilai etika yang memungkinkan manajemen atau pegawai untuk melakukan tindakan yang tidak jujur, atau mereka berada dalam suatu lingkungan yang memebrikan mereka tekanan yang cukup besar sehingga menyebabkan mereka membenarkan melakukan perilaku yang tidak jujur tersebut. Faktor Faktor Resiko untuk Kecurangan dalam Laporan Keuangan Sebuah pertimbangan penting bagi auditor dalam membongkar kecurangan adalah mengidentifikasi faktor-faktor yang dapat meningkatkan resiko kecurangan. 1. Insentif/Tekanan Sebuah insentif yang umum bagi perusahaan untuk memanipulasi laporan keuangannya adalah adanya penurunan dalam prospek keuangan perusahaan.Misalnya penurunan dalam laba dapat mengancam kemampuan perusahaan dalam mendapatkan pendanaan. 2. Kesempatan Meskipun laporan keuangan dari semua perusahaan potensial dapat terjadi manipulasi, risikonya menjadi lebih besar untuk perusahaan yang bergerak dalam industry yang melibatkan penilaian subjektif dan estimasi yang signifikan. Misalnya terdapat kemungkinan salah saji dalam pesediaan bagi perusahaan yang memiliki persediaan yang terletak dibeberapa tempat yang berbeda. 3. Sikap/Rasionalisasi Sikap manajemen puncak terhadap laporan keuangan merupakan factor risiko penting dalam menilai kemungkinan adanya kecuranga dalam laporan keuangan. Faktor Faktor Risiko untuk Penyalahgunaan Aset 1. Insentif/Tekanan Tekanan keuangan merupakan insentif umum bagi pegawai yang menyalahgunakan asset. 2. Kesempatan
Image of page 77
LEARDO ARLES DOCUMENT 2014 78 Kesempatan melakukan pencurian lebih besar pada perusahaan yang akses kasnya sangat mudah atau pada perusahaan yang memiliki persediaan atau asset berharga lainnya, khusunya jika ukuran asset tersebut kecil dan mudah dipindah-pindahkan. 3. Sikap/Rasionalitas Sikap manajemen terhadap pengendalan dank ode etik dapat menyebabkan para karyawan dan manajer membenarkan pencurian terhadap asset.
Image of page 78
Image of page 79

You've reached the end of your free preview.

Want to read all 154 pages?

  • Fall '19

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern

Stuck? We have tutors online 24/7 who can help you get unstuck.
A+ icon
Ask Expert Tutors You can ask You can ask ( soon) You can ask (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes
A+ icon
Ask Expert Tutors