transaksi transaksi tertentu dan rutin membantu manajemen pemakai intern dan

Transaksi transaksi tertentu dan rutin membantu

This preview shows page 2 - 4 out of 11 pages.

transaksi-transaksi tertentu dan rutin, membantu manajemen, pemakai intern dan ekstern serta menyediakan dasar pengambilan keputusan dalam suatu organisasi. - Davis dan Olson (1987) mendefinisikan sistem informasi sebagai suatu sistem yang tersusun atas elemen mesin-orang yang terintregasi untuk menghasilkan informasi yang dapat mendukung fungsi-fungsi operasi, manajemen dan pengambilan keputusan dalam suatu organisasi. Satu benang merah yang dapat ditarik dari definisi-definisi sistem informasi tersebut adalah sistem informasi harus mencakup unsur-unsur perangkat keras dan perangkat lunak komputer, prosedur-prosedur, model analisis, perencanaan, teknik, pengambilan keputusan dan basis data. Jadi suatu sistem baru dapat disebut sistem informasi bila mengunakan komputer. Suatu sistem informasi yang tidak menggunakan komputer belumlah dapat disebut sistem informasi dalam pengertian masa kini. Sebenarnya definisi diatas akan lebih sempurna lagi bila dimasukkan perkataan “perangkat telekomunikasi”. Karena sistem informasi pada masa sekarang tidak dapat dipisahkan dari peranan telekomunikasi yang terintegrasi dalam sistem komputer dan membentuk suatu jaringan komputer. Sistem informasi dengan pengertian seperti inilah yang diharap mampu memberikan sumbangan dalam menciptakan keunggulan daya saing dalam perusahaan. Interaksi antar departemen, mempunyai potensi untuk memberikan informasi- informasi kepada manajemen perusahaan tersebut tentang kelebihan-kelebihan dan kekurangan-kekurangannya, baik yang ada pada perusahaan tersebut maupun yang pada lingkungan bisnis di mana perusahaan tersebut itu berada. Informasi tentang lingkungan bisnis tersebut misalnya adalah informasi tentang pelanggan / pengguna produk (user) yang dihasilkan oleh perusahaan tersebut. Sehingga dengan bantuan sistem informasi perusahaan akan mampu mengoptimalkan segala sumber daya yang ada untuk melakukan kegiatannya. D. Keunggulan Bersaing Perusahaan 2
Image of page 2
Untuk mengidentifikasi daya saing perusahaan yang marketable dan sellable maka ada beberapa kekuatan yang harus menjadi prioritas perhatian para pengambil kebijakan perusahaan karena adanya para pesaing perusahaan lain yang secara ofensif dan defensif menggunakan teknologi informasi. Sebuah perusahaan yang telah memiliki segmen pasar tertentu tidak henti- hentinya meningkatkan kualitas pelayananya agar produksi/jasa yang disajikan lebih kompetitif. Tidak dapat dipungkiri bahwa perkembangan teknologi informasi yang sedemikian cepat tidak saja merubah cara orang berkomunikasi dan bekerja, namun lebih jauh lagi telah membuat alam persaingan baru Michael Porter , 1995, dalam manajemen strategi memperkenalkan “ FIVE FORCES ” (lima kekuatan) yang harus dicermati oleh pihak pimpinan lembaga yaitu : 1. Persaingan Antar Perusahaan yang Sama / Sejenis (Rivaly Among Existing Institution) ; Ancaman pertama biasanya; datang dari para pesaing yang lama, yaitu kumpulan perusahaan (industri) yang menawarkan produk / jasa relatif sama di mata konsumen.
Image of page 3
Image of page 4

You've reached the end of your free preview.

Want to read all 11 pages?

  • Winter '19

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern

Stuck? We have tutors online 24/7 who can help you get unstuck.
A+ icon
Ask Expert Tutors You can ask You can ask ( soon) You can ask (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes
A+ icon
Ask Expert Tutors