Angka yang dilekatkan pada variabel kontinum biasanya

  • No School
  • AA 1
  • 14

This preview shows page 4 - 6 out of 14 pages.

Angka yang dilekatkan pada variabel kontinum biasanya angka kualitatif yang diperoleh dari suatu pengukuran. Dalam statistik angka ini biasa disebut skor, nilai, atau harga, diberi simbol X, Y, atau huruflainnya. Misalnya penghasilan, kecerdasan, rasa keadilan; IQ 120. Gambar 1.1 Jenis Data Statistik Data ordinal adalah data berjenjang atau berbentuk peringkat. Dalam hal ini, jarak antara satu data dengan lainnya tidak harus sama. Misalnya. Juara I, II, dan II, tidak bisa disimpulkan bahwa Juara I memiliki skor 100 lebih tinggi dari Juara II, dan Juara lI memiliki skor 100 lebih dari Juara II.Contoh data ordinal yang lain adalah Golongan I, II, II, dan IV. Data interval adalah data yang jaraknya sama, tetapi tidak memiliki nilai nol absolut. Misalnya, pada suhu 0 derajat Celcius, bukan berarti tidak ada nilainya (tidak bisa diterjemahkan sebagai keadaan tidak panas dan tidak dingin). Nilai 0 derajat Celcius pada pengukuran suhu hanya menjelaskantentang titik beku air. Ordinal Interval Rasio Kontinum Diskrit Data Statistik
Image of page 4

Subscribe to view the full document.

Data interval adalah data yang jaraknya sama dan memiliki nilai nol absolut. Dalam hal ini data 0 diterjemahkan tidak ada. Misalnya, panjang 0 meter, artinya tidak ada panjang; atau berat 0 kg artinya tidak ada berat. Pada data interval berlaku operasi hitung matematika, misalnya 15 cm + 10 cm = 25 cm . Sementara untuk data yang lain tidak berlaku, misalnya Golongan I + Golongan II tidak sama dengan Golongan III. Data secara statistik dapat dibagi menjadi dua, yaitu data metrik dan data nonmetrik . Data metrik adalah data yang didapat dengan cara mengukur data dan bisa mempunyai desimal. Sedangkan data nonmetrik adalah data yang didapat dengan cara menghitung , tidak mempunyai desimal, dan dilakukan dengan kategorisasi. Seorang peneliti sebelum menganalisis data penelitian harus memahami terlebih dahulu ciri-ciri dari data yang didapatkannya. Hal ini karena analisis statistik mengharuskan atau mensyaratkan ciri-ciri data tertentu. C. STATISTIK DESKRIPTIF DAN INFERENSIAL Berdasarkan kegiatan yang dilakukan dalam mengolah data, dapat dibedakan menjadi dua. Pertama, kegiatan mengumpulkan data dan mengolahnya agar mudah dibaca orang, misalnya dalam bentuk graftik, tabel, dan diagram, atau dalam bentuk tampilan angka-angka yang menggambarkan karakteristik gejala yang diamati. Kedua, kegiatan yang dilakukandimaksudkan untuk menarik kesimpulan. Data dalam hal ini diambil dari sebagian anggota populasi kemudian dianalisis dan kesimpulan yang diambil dikenakan kepada populasi. Kegiatan yang pertama disebut statistik deskriptif, dan kegiatan yang kedua disebut statistik inferensial atau statistik induktif. Sebagai ilustrasi, misalnya peneliti tertarik mengetahui nilai yang diperoleh mahasiswa dalam suatu mata kuliah. Dalam hal ini ingin diketahui nilai mahasiswa yang bekerja dan yang tidak bekerja. Berdasarkan data yang diperoleh diketahui ada 80 mahasiswa yang tidak bekerja dan 30 mahasiswa yang bekerja. Dari 80 mahasiswa yang tidak bekerja nilai rata-ratanya adalah 70. Sementara itu rata-rata mahasiswa yang bekerja adalah 62.
Image of page 5
Image of page 6
  • Fall '19

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern

Ask Expert Tutors You can ask You can ask ( soon) You can ask (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes