Dari sisi investor litigasi dapat timbul karena pihak

This preview shows page 5 - 7 out of 19 pages.

Dari sisi investor, litigasi dapat timbul karena pihak perusa-haan menjalankan operasi yang akan berakibat pada kerugian bagi pihak in- vestor yang tercermin dari pergerakan harga dan volume saham. Risiko litigasi sebagai faktor kondisi eksternal, didasarkan pada pandangan bahwa investor dan kreditor adalah pihak yang memperoleh perlindungan secara hukum. Investor maupun kreditor dalam memper- juangkan hak dan kepentingannya dapat melakukan litigasi dan tuntutan hukum kepada perusahaan. Johnson et al. (2000) dan Qiang (2003) dalam Putra (2008) menyatakan bahwa risiko potensial terjadinya litigasi dipicu oleh potensi yang melekat pada perusahaan berkaitan dengan tidak terpenuhinya kepentingan investor dan kreditor. Bagi perusahaan, upaya untuk menghin- dari tuntutan dan ancaman litigasi mendorong manajer mengungkapkan informasi yang cenderung mengarah pada: (i) pengungkapan berita buruk dengan segera dalam laporan keuangan, (ii) menunda berita baik, (iii) mem- ilih kebijakan akuntansi yang cenderung kon- servatif (Soetharaman et al., 2002 dalam Ju- anda, 2007).
Image of page 5

Subscribe to view the full document.

Tingkat Kesulitan Keuangan Perusahaan Financial distress merupakan muncul- nya sinyal atau gejala awal kebangkrutan ter- hadap penurunan kondisi keuangan yang di- alami oleh suatu perusahaan, atau juga kondisi yang terjadi sebelum terjadinya kebangkru- tan. Kebang-krutan tersebut dapat disebabkan oleh kegagalan perusahaan dalam kegiatan opera-sionalnya untuk menghasilkan suatu laba dan ketidakmampuan sebuah perusahaan dalam melunasi hutangnya. Perusahaan dapat mengetahui tanda-tanda adanya financial dis- tress salah satunya dengan melihat keadaan laba yang diperoleh suatu perusahaan dalam periode tertentu (Setyaningsih, 2009). Kondisi keuangan perusahaan yang bermasalah dapat mendorong penggantian manajer yang bersangkutan di pasar tenaga kerja (Lo, 2005). Situasi inilah yang harus dihindari oleh seorang manajer. Kegagalan manajer dalam mengelola suatu perusahaan dapat tercermin melalui laporan keuangan yang disajikan. Manajer yang mengalami kegagalan dalam mengelola perusahaan akan ditunjukkan dengan kondisi keuangan yang buruk, dan kondisi tersebut mencerminkan tingkat kesulitan keuangan perusahaan yang tinggi. Ancaman tersebut dapat mendorong seorang manajer untuk mengatur penyajian laopran keuangan yang akan digunakan oleh pihak yang terkait termasuk para investor dan kreditor. Konflik Kepentingan dan Konservatisme Akuntansi Teori keagenan menyatakan bahwa pihak investor dan kreditor mempunyai kon- flik kepentingan. Konflik tersebut tercermin dari kebijakan dividen, pendanaan dan ke- bijakan investasi (Jensen and Meckling 1976; Begley, 1994 dalam Juanda, 2007). Ketiga kebijakan tersebut dapat digunakan oleh in- vestor untuk mengatur manajer dan mentrans- fer keun-tungan dari kekayaan kreditor. . Hasil penelitian yang sama dilakukan oleh Ziewel (1996), dan Fluck (1998) dalam Sari (2004) yang menyatakan tentang potensi ter- jadinya konflik kepentingan antara kreditor dan investor maupun manajer. Investor me- lalui manajernya, dapat menggunakan sumber-daya perusahaan atas kepentingan dirinya dibanding untuk kepentingan kreditor.
Image of page 6
Image of page 7
  • Fall '15

{[ snackBarMessage ]}

Get FREE access by uploading your study materials

Upload your study materials now and get free access to over 25 million documents.

Upload now for FREE access Or pay now for instant access
Christopher Reinemann
"Before using Course Hero my grade was at 78%. By the end of the semester my grade was at 90%. I could not have done it without all the class material I found."
— Christopher R., University of Rhode Island '15, Course Hero Intern

Ask a question for free

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern