Pajak perdagangan internasional pada tahun 2015

This preview shows page 5 - 8 out of 58 pages.

Pajak Perdagangan Internasional pada Tahun 2015 terutama dipengaruhi oleh harga internasional atas komoditi utama yang terkena Bea Keluar yaitu CPO sangat rendah di pasar internasional sehingga Tarif yang dikenakan adalah 0 persen. Selain itu, harga komoditas mineral juga mengalami penurunan sepanjang 2015 dikarenakan perlambatan ekonomi global. o Pos Bagian pemerintah atas laba BUMN, turun (6,62%). Padahal pada tahun- tahun sebelumnya, pos ini justru memberi sinyal positif dengan terus megalami kenaikan dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Kenaikan terbesar diraih pada tahun 2014, yang mencapai 18,48%. Adapun Penurunan Penerimaan Negara Bukan Pajak atas Bagian Laba BUMN tahun 2015 sejalan dengan kebijakan Pemerintah dalam pembangunan infrastruktur dengan meningkatkan peran BUMN sebagai agent of development sehingga penerimaan laba BUMN dalam jangka menengah
Image of page 5

Subscribe to view the full document.

diproyeksikan turun rata-rata 18,4 persen. Pendapatan bagian laba BUMN tersebut ditempuh melalui peningkatan kinerja BUMN dan menetapkan pay out ratio dividen BUMN sesuai dengan kemampuan keuangan BUMN. Dengan kebijakan tersebut diharapkan BUMN akan memiliki banyak ruang untuk pengembangan usaha sehingga dapat memberikan kontribusi yang lebih besar pada APBN di tahun-tahun mendatang. o Pos PNBP lainnya, turun (6,89%). Padahal pos ini mengalami kenaikan yang cukup menggembirakan pada tahun 2014 yaitu mencapai 25,94%. Penerimaan Negara Bukan Pajak Lainnya tidak mencapai target APBN-P TA 2015 terutama karena menurunnya Pendapatan Penjualan dari Kegiatan Hulu Migas, dan menurunnya Pendapatan Penjualan Hasil Produksi/Sitaan. Pos Penerimaan BLU, naik 18,98%. Meskipun masih dalam tren kenaikan, namun selisih kenaikan pada tahun 2015 mulai menunjukkan sinyal menurun dibandingkan kenaikan-kenaikan pada tahun sebelumya yang lebih besar. Kenaikan ini terutama disebabkan oleh adanya peningkatan tarif layanan pada beberapa BLU, dan BLU yang baru ditetapkan pada tahun 2015 termasuk BLU dengan pendapatan yang signifikan yaitu BLU Pengelola Dana Sawit dengan pendapatan sebesar Rp6.902.212.717.058. Lain halnya dengan pos diatas yang cenderung mengalami penurunan, pos-pos berikut justru memberikan sinyalemen positif yang pada tahun sebelumnya mengalami penurunan, tapi pada tahun 2015 mulai mengalami kenaikan, yaitu pada pos-pos berikut: o Pos Pajak Dalam Negeri, naik 9,27%. Kenaikan ini dipandang mampu men- generate kenaikan Pos Penerimaan Pajak sebesar 8, 16%. o Pos Hibah, naik 137,82%. Kenaikan ini cukup fantastis mengingat tahun 2014 justru turun sebesar (26,32%) dan kenaikan terbesar tahun sebelumnya hanya mencapai 18,07% yaitu pada tahun 2013. Kenaikan pada tahun 2015 ini dikarenakan hibah langsung yang diterima oleh K/L tidak direncanakan dalam APBN-P TA 2015. Di samping itu, realisasi sebesar 361,52% dari APBN tersebut dikarenakan meningkatnya hibah langsung yang diterima K/L terutama terkait pilkada serentak Tahun 2015, di samping meningkatnya kesadaran K/L untuk melaporkannya kepada BUN.
Image of page 6
Secara total, jumlah Belanja Negara mengalami kenaikan sebesar 1,65%. Meskipun demikian, kenaikan ini dapat dikatakan lebih kecil dibandingkan tahun-tahun sebelumnya yang memang memperlihatkan kecenderungan untuk terus menurun. Hal ini seiring dengan
Image of page 7

Subscribe to view the full document.

Image of page 8
  • Fall '19

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern

Ask Expert Tutors You can ask 0 bonus questions You can ask 0 questions (0 expire soon) You can ask 0 questions (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes