PANDUAN PENELITIAN DOSEN PEMULA UNP 2012.doc

Setelah penelitian selesai para peneliti diwajibkan

Info icon This preview shows pages 3–5. Sign up to view the full content.

View Full Document Right Arrow Icon
terakreditasi. Setelah penelitian selesai, para peneliti diwajibkan untuk menyerahkan laporan hasil penelitian, luaran publikasi ilmiah, dan diharapkan dapat melanjutkan penelitiannya ke program penelitian lain yang lebih tinggi yang berskala nasional dan internasional. Dalam pelaksanaan program ini diperlukan adanya kerja sama dan sharing ide dan pengalaman diantara peneliti pemula/ peneliti yunior dengan peneliti senior, mulai dari penyusunan usul penelitian sampai dengan pelaksanaan, pelaporan, dan pengelolaan administrasi penelitian. Sehubungan dengan itu, program Penelitian Dosen Pemula ini mempersyaratkan “penelitian kelompok” dan adanya pembimbing dari dosen/ peneliti senior Panduan Penelitian Dosen Pemula Universitas Negeri Padang Tahun 2012 hal 2
Image of page 3

Info icon This preview has intentionally blurred sections. Sign up to view the full version.

View Full Document Right Arrow Icon
(minimal doktor atau berkualifikasi Lektor Kepala). untuk mengarahkan dan membina kemampuan meneliti. Pelibatan mahasiswa merupakan aspek penting yang dipersyaratkan bagi program penelitian pemula ini. Pada tingkat Nasional jumlah keterlibatan mahasiswa dalam penelitian dosen merupakan salah satu tolok ukur kinerja lembaga dalam bidang penelitian. Hal itu dilakukan sebagai bentuk pengejawantahan tanggungjawab pendidikan dalam mendidik mahasiswa menjadi sarjana peneliti yang handal. Diharapkan dosen peneliti melibatkan mahasiswa dalam penelitian ini, minimal mahasiswa bimbingan skripsi atau bimbingan ke penasehatan akademis. Melalui pelibatan mahasiswa tersebut diharapkan akan terjadi transfer pengetahuan dan pengalaman meneliti antara dosen dengan mahasiswa secara intens, sehingga mahasiswa akan memiliki kemampuan meneliti untuk penulisan skripsi, dan berkonstribusi terhadap percepatan penyelesaian studi mahasiswa, termasuk juga kemampuan mahasiswa dalam meraih hibah-hibah kompetitif Program Kreatif Mahasiswa di tingkat nasional atau internasional. B. Kriteria dan Persyaratan Pengusul 1. Pengusul adalah dosen tetap di Universitas Negeri Padang 2. Penelitian bersifat original belum pernah dilakukan dan dibiayai oleh lembaga/sumber lain) 3. Tim peneliti maksimum berjumlah 3 orang, terdiri dari 1 orang ketua dan 2 orang anggota dengan pendidikan maksimum S2 dan jabatan fungsional maksimum lektor. 4. Peneliti mengikut sertakan mahasiswa yang sedang dalam menyelesaikan skripsinya dalam melaksanakan penelitian (minimal telah duduk pada semester 6) 5. Setiap pengusul hanya diperbolehkan mengusulkan satu proposal penelitian baik sebagai ketua maupun sebagai anggota peneliti 6. Ketua peneliti belum pernah menjadi ketua peneliti pada penelitian yang dibiayai oleh Ditlitabmas Ditjen Dikti. 7. Setiap peneliti hanya diperbolehkan mendapatkan dana penelitian Dosen Pemula sebagai ketua peneliti maksimal sebanyak 2 kali dan tidak berturut-turut (Bagi ketua peneliti yang sudah mendapat dana penelitian DIPA Universitas pada tahun sebelumnya).
Image of page 4
Image of page 5
This is the end of the preview. Sign up to access the rest of the document.

{[ snackBarMessage ]}

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern