Komposisi asam lemak dalam minyak sawit yang paling tinggi adalah asam oleat

Komposisi asam lemak dalam minyak sawit yang paling

This preview shows page 15 - 18 out of 51 pages.

Komposisi asam lemak dalam minyak sawit yang paling tinggi adalah asam oleat 32,192 % dan asam palmitat 14,939% (Sidjabat, 2004). Kandungan asam oleat dan asam palmitat yang tinggi ini yang menjadi dasar pertimbangan untuk digunakan sebagai bahan baku dalam penelitian perengkahan asam oleat menjadi biofuel. Fly ash merupakan hasil dari pembakaran fraksi ringan dari sabut dan cangkang hasil pembakaran pada boiler yang dibuang ke lingkungan dan tidak dimanfaatkan dengan optimal. Pada umumnya fly ash ditangkap dengan menggunakan cyclone. Ukuran fly ash yang dihasilkan yaitu 100-200 mesh. Fly ash banyak mengandung unsur silika yang berbentuk amorphous yang lebih
Image of page 15
reaktif (mudah bereaksi), tidak membutuhkan energi proses yang besar serta memiliki kemurnian dan specific surface are (SSA) yang tinggi sesuai dengan spesifikasi yang dinginkan (Saputra dkk, 2006 dalam Febrianto, 2010). Catalytic cracking merupakan suatu cara untuk memecahkan rantai karbon yang panjang menjadi suatu molekul dengan rantai karbon yang lebih sederhana dengan bantuan katalis sebagai substansi mempercepat reaksi kimia, meningkatkan kualitas dan kuantitas produk [Widayat, 2005]. Yoeswono dkk. (2007) meneliti pembuatan biodiesel dari minyak kelapa sawit melalui proses transesterifikasi dengan memanfaatkan abu TKS sebagai sumber katalis basa. Penelitian ini memvariasikan berat abu TKS (5, 10, 15, 20, dan 25 gram) dimana abu TKS dipanaskan menggunakan oven pada temperatur 110 0C selama 2 jam untuk menghilangkan air kemudian disaring dengan ayakan 100 mesh. Perengkahan (cracking) adalah suatu proses pemutusan senyawa hidrokarbon rantai panjang menjadi senyawa hidrokarbon dengan rantai yang lebih pendek. Proses perengkahan bertujuan untuk mendapatkan senyawa yang lebih berguna. Proses perengkahan menghasilkan senyawa seperti metan, etan, propan, butan, gasoline, kerosin, serta diesel. Bahan baku yang biasa digunakan dalam proses perengkahan adalah minyak bumi atau residu (Clark, 2003). Bielansky dkk (2010) melalukakn catalytic cracking asam lemak murni yang terdiri dari asam palmitat dan asam oleat dengan katalis ZSM-5 komersil. Penelitian ini memvariasikan suhu operasi 485 – 550 0C pada reaktor fluid catalytic cracking (FCC). Hasil maksimal diperoleh pada suhu 5500C dengan yield sebesar 44%. Ritonga (2013) juga telah meneliti pembuatan biofuel dari PFAD melalui proses catalytic cracking dengan katalis CoMo/Zeolit dengan variasi logam pengemban 0%, 0,5%, 1%, 1,5% serta suhu 3600C, 3800C, 4000C, dan 4200C. Yield optimum diperoleh pada suhu 4000C dan berat logam CoMo 1% yakni 88%. Tujuan penelitian ini untuk mendapatkan yield biofuel maksimal dengan kondisi operasi temperatur (3800C, 4000C, dan 4200C) serta persentase berat fly ash 5%, 7%, dan 9% dalam perengkahan minyak jelantah menjadi biofuel.
Image of page 16
Metoda Penelitian Persiapan Bahan Baku Minyak jelantah yang didapat dari industri rumah tangga disaring menggunakan kertas saring untuk mengurangi kadar pengotor yang terkandung di dalamnya.
Image of page 17
Image of page 18

You've reached the end of your free preview.

Want to read all 51 pages?

  • Spring '13
  • DAVIS

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern

Stuck? We have tutors online 24/7 who can help you get unstuck.
A+ icon
Ask Expert Tutors You can ask You can ask ( soon) You can ask (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes
A+ icon
Ask Expert Tutors