Menurut nitisemito 201397 lingkungan kerja adalah

This preview shows page 24 - 27 out of 33 pages.

Menurut Nitisemito (2013:97) Lingkungan Kerja adalah segala sesuatu yang ada disekitar karyawan dan dapat mempengaruhi dalam menjalankan tugas yang diembankan kepadanya misalnya dengan adanya air conditioner (AC), penerangan yang memadai dan sebagainya. Pendapat ini menunjukkan bahwa fasilitas kerja yang memadai dapat meningkatkan produktivitas individual yang sekaligus meningkatkan produktivitas organisasional atau perusahaan maka dari itu keadaan lingkungan kerja harus senyaman mungkin. Menurut Herman (2015:38) Lingkungan Kerja sebagai serangkaian faktor yang mempengaruhi kinerja dari fungsi-fungsi atau aktivitas-aktivitas manajemen sumber daya manusia yang terdiri dari faktor-faktor internal yang bersumber dari dalam organisasi. Dari definisi tersebut maka dapat diartikan juga bahwa secara langsung faktor lingkungan kerja dapat mempengaruhi kinerja karyawan karena berada disekitar para pekerja yang dapat mempengaruhi dirinya dalam menjalankan tugas-tugas yang di bebankan kepadanya. Sedangkan menurut Sedarmayanti (2013:28) Lingkungan Kerja adalah semua keadaan yang terjadi yang berkaitan dengan hubungan kerja, baik itu hubungan dengan atasan maupun hubungan dengan sesama rekan kerja. Dari definisi ini dapat dikatakan bahwa lingkungan kerja itu mencakup hubungan kerja yang terbentuk antara sesama karyawan dan hubungan kerja antara bawahan dan atasan serta lingkungan fisik tempat karyawan bekerja.
37 Dari beberapa pendapat di atas, dapat disimpulkan bahwa lingkungan kerja merupakan segala sesuatu yang ada di sekitar karyawan pada saat bekerja, baik yang berbentuk fisik maupun non fisik, yang dapat mempengaruhi dirinya dalam menjalankan tugas-tugas dan pekerjaannya sehari-hari. Jika lingkungan kerja fisik maupun non fisik di suatu perusahaan mendukung aktivitas para karyawannya, maka tugas dan tanggung jawabnya akan diselesaikan secara efektif dan efisien. 2.5.2 Manfaat Lingkungan Kerja Lingkungan kerja yang baik dapat memicu produktifitas dan kepuasan kerja karyawan. Siagian (2014:103), mengemukakan bahwa manfaat lingkungan kerja adalah menciptakan gairah kerja, sehingga produktivitas dan prestasi kerja meningkat,selain itu lingkungan kerja juga dapat berpengaruh terhadap kinerja kerja karyawan. Kinerja karyawan yang produktif muncul sebagai akibat dari situasi kerja yang ada di dalam perusahaan. Kinerja karyawan yang produktif tersebut mencerminkan perasaan karyawan mengenai senang atau tidak senang, nyaman atau tidak nyaman atas lingkungan kerja perusahaan dimana dia bekerja. 2.5.3 Dimensi dan Indikator Lingkungan Kerja Variabel lingkungan kerja dapat diukur, menurut Sedarmayanti (2013:1) ada beberapa dimensi dan indikator dari lingkungan kerja, yaitu: a. Lingkungan Kerja Fisik Lingkungan kerja fisik adalah suatu keadaan lingkungan kerja yang berpengaruh langsung pada kondisi fisik dari karyawan. Adapun indikator dari lingkungan kerja adalah:
38 1) Pengaturan Suhu Merupakan faktor yang penting, karena suhu udara yang terlalu panas akan mengakibatkan penurutan semangat kerja karyawan yang juga akan

  • Left Quote Icon

    Student Picture

  • Left Quote Icon

    Student Picture

  • Left Quote Icon

    Student Picture