2 Berlakunya hukum law of deminishing return bagi tanah 3 Persediaan tanah

2 berlakunya hukum law of deminishing return bagi

This preview shows page 3 - 6 out of 13 pages.

2. Berlakunya hukum : “ law of deminishing return “ bagi tanah. 3. Persediaan tanah adalah tetap. 4. Permintaan gandum benar – benar inelastic. 5. Buruh dan Modal adalah masukan yang bersifat variable. 6. Keaadaan pengetahuan teknis adalah tertentu. 7. Seluruh buruh dibayar dengan upah yang cukup untuk hidup secara minimal. 3
Image of page 3

Subscribe to view the full document.

8. Harga penawaran buruh adalah tertentu. 9. Permintaan akan buruh tergantung pada pemupukan modal. 10.Terdapat persaingan sempurna. 11.Pemupukan modal dihasilkan dari keuntungan. 2.2 Teori David Ricardo Teori David Richardo hadir dalam kondisi perekonomian yang dikuasai oleh kaum kapitalis yang menganggap bahwa pertumbuhan dan pembangunan ekonomi akan mengalami kenaikan yang signifikan bilamana faktor–faktor produksi diolah secara baik dengan sistem distribusi yang merata. Pemanfaatan teknologi pertanian kurang diperhatikan oleh David Richardo mengingat bahwa tenaga kerja adalah sumberdaya yang bisa dimanfaatkan untuk mengurangi pengangguran yang terjadi. David Ricardo membagi masyarakat dalam tiga golongan, yaitu : 1. Masyarakat pengusaha atau kapitalis, adalah golongan yang memimpin produksi dan memegang peranan yang penting karena mereka selalu mencari keuntungan dan menginvestasikan kembali pendapatannya dalam bentuk akumulasi kapital yang mengakibatkan naiknya pendapatan nasional. 2. Masyarakat pekerja atau buruh, adalah golongan yang terbesar dalam masyarakat, namun sangat tergantung pada capital 3. Tuan tanah atau bangsawan, adalah golongan yang memikirkan sewa saja dari golongan kapital atas areal tanah yang disewakan David Ricardo mengemukakan beberapa teori, antara lain teori sewa tanah ( land rent ); teori nilai kerja ( labor theory of value ) dan upah alami ( natural wages ); dan satu lagi yang terkenal adalah teori keuntungan komparatif ( comparative advantage ) dari perdagangan internasioanal. A. Teori Sewa Tanah 4
Image of page 4
Dalam teori tentang sewa tanah ia menjelaskan bahwa jenis tanah berbeda- beda. Ada yang subur, kurang subur hingga tidak subur sama sekali. Produktivitas tanah yang subur lebih tinggi, dan demikian menghasilkan satu satuan unit produksi diperlukan biaya-biaya (biaya rata-rata dan biaya marjinal) yang lebih rendah pula. Makin rendah tingkat kesuburan tanah, jelas makin tinggi pula biaya rata-rata dan biaya marjinal untuk mengolah tanah tersebut. Makin tinggi biaya-biaya dengan sendirinya keuntungan per hektar tanah menjadi semakin kecil pula. Dengan penjelasan di atas adalah layak uang sewa untuk tanah yang lebih subur lebih tinggi jika dengan sewa tanah untuk tanah yang kurang subur apalagi yang tidak subur. B. Teori Nilai Kerja dan Upah Teori nilai kerja dan upah alami, David Ricardo menjelaskan bahwa nilai tukar suatu barang ditentukan oleh ongkos yang perlu dikeluarkan untuk menghasilkan barang tersebut, yaitu biaya untuk bahan mentah dan upah buruh yang besarnya hanya cukup untuk sekedar dapat bertahan hidup (subsiten) bagi buruh yang bersangkutan.
Image of page 5

Subscribe to view the full document.

Image of page 6
  • Fall '18
  • Misbah

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern

Ask Expert Tutors You can ask You can ask ( soon) You can ask (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes