Mengenai tentang gaya belajar peserta didik juga

This preview shows page 11 - 12 out of 13 pages.

mereka. Mengenai tentang gaya belajar peserta didik juga dapat dilihat sebgai berikut. Gaya belajar visual Dalam gaya belajar visual yang terjadi pada peserta didik dapat diketahui melalui ciri – ciri utama yakni dengan menggunakan indera penglihatan. Reigeluth (1999) menjelaskan bahwa gaya belajar dengan visual ini lebih suka berbicara cepat, suka mencoret-coret saat menelpon, dan lebih suka melihat gambar peta beserta penjelasannya.pada umumnya peserta didik dengan gaya visual ini biasanya menerapkan suatu strategi visual yang sangat kuat dengan menyerap suatu informasi dengan ungkapan gambar. Ciri-ciri gaya belajar visual yakni antara lain: Bicara cepat Lebih mementingkan penampilan Bersikap rapi dan teratur Tidak mudah terganggu bila ada keributan Lebih suka membaca daripada dibacakan Lebih suka mencorat coret meski bukan hal yang penting Lebih suka mengingat wajah orang daripada mengingat namanya Gaya belajar auditorial Bagi peserta didik yang memiliki gaya belajar auditori dapt dikenal dan diketahui dengan ciri-ciri yang lebih dominan yakni dengan menggunakan kekuatan indera pendengaran. Reigeluth (1993) menjelaskan bahwa peserta didik yang memiliki gaya belajar auditori lebih suka berbicara daripada membaca maupun menulis. Reigeluth (1999) juga menyatakan bahwa “aku mendengar apa yang kau katakan”. Kecepatan dalam berbicara juga sedang. Pada saat menyerap informasi umumnya orang bergaya belajar auditori juga menerapkan adanya strategi pendengaran yang sangat kuat. Sehingga pendidik yakni guru juga harus menerapkan pembelajaran yang memberikan suatu variasi pengajaran yang dapat diterima dan dimengerti oleh peserta didik dengan gaya belajar auditori. Ciri ciri gaya belajar auditorial yakni: Pada saat bekerja suka berbicara kepada dirinya sendiri Merasa terganggu bila ada keributan Kesulitan dalam menulis maupun mengarang Lebih suka bercerita Menyukai lelucon dari lisan daripada dari komik Bila berbicara dalam irama yang berpola
Image of page 11

Subscribe to view the full document.

Bila berdiskusi selalu menggunakan kata kata yang panjang Selalu mengulangi kata kata yang terlontar dan dapat menirukan nada pembicaraan orang lain Lebih suka mendengarkan musik Bila berbicara dengan orang lain selalu memalingkan penglihatannya dan tidka melakukan kontak mata saat berbicara dengan orang lain. Gaya belajar kinestetik Reigeluth (1993) menjelaskan bahwa peserta didik yang menggunakan gaya belajar kinestetik lebih suka menggerakkan anggota tubuhnya saat berbicar dan sulit untuk diam. Pada umumnya peserta didik yang menggunakan gaya belajar kinestetik memahami informasi dengan menggunakan strategi fisik dan mampu berekspresi dengan fisik mereka. Adapun ciri-ciri yang dapat melihat peserta didik dengan menggunakan gaya belajar kinestetik antara lain: Berbicara dengan perlahan Membutuhkan waktu untuk berpikir dalam berbicara maupun dalam bertindak Penampilan selalu rapi Tidak mudah terganggu dengan keributan Bila belajar selalu menggunakan praktek menghafal dengan berjalan Membuat keputusan berdasarkan perasan Minat Minat merupakan suatu hal yang berpengaruh besar tehadap belajar peserta didik. Apabila materi
Image of page 12
You've reached the end of this preview.
  • Fall '18
  • mahasiswa

{[ snackBarMessage ]}

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern