Analisis curah hujan juga dilakukan dengan beberapa

  • No School
  • AA 1
  • 78

This preview shows page 6 - 9 out of 78 pages.

tahun, 20 tahun dan seterusnya. Analisis curah hujan juga dilakukan dengan beberapa stasiun pengukuran dengan metode Polygon Thissen. Selanjutnya analisis debit banjir dengan hidrograf satuan sintetis dengan metode Nakayasu, Gama-1 dan Snyder, dengan periode ulang 2 tahun, 5 tahun, 10 tahun, 20 tahun, 50 tahun dan 100 tahun, lalu dilakukan perbandingan dari ketiga metode hidrograf satuan tersebut. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan dari ketiga metode tersebut dapat diterapkan untuk perencanaan bangunan air di DAS Ranoyapo adalah Gama- 1. Karena dari hasil analisis diperoleh debit banjir rencana paling besar dibandingkan dengan Nakayasu dan Snyder.
Image of page 6
7 Universitas Sriwijaya 2.2 Siklus Hidrologi Menurut Asdak (2004), siklus hidrologi adalah suatu pergerakan air yang ada di permukaan bumi. Sistem berlangsungnya siklus hidrologi yaitu perjalanan air dari permukaan laut ke atmosfer kemudian ke permukaan tanah dan kembali lagi ke laut yang tidak pernah berhenti, air tersebut akan tertahan (sementara) di sungai, danau/waduk dan dalam tanah sehingga dapat dimanfaatkan oleh manusia atau mahluk hidup lainnya. Siklus air terliahat pada Gambar II.1 yang merupakan fokus utama dari ilmu hidrologi. Sinar matahari yang dipancarkan ke bumi memanaskan suhu air di permukaan laut, danau, atau yang terikat pada permukaan tanah. Molekul air yang dilepas menjadi gas proses ini disebut evaporasi, sedangkan air yang terperangkap di tanaman juga akan berubah menjadi gas disebut transpiration. Uap air atau gas di atmosfer akan menjadi dingin dan terkondensasi membentuk awan. Ketika awan sudah tidak mampu lagi menampug air, awan akan melepas uap air yang ada didalamnya ke dalam bentuk hujan ( precipitation ). Selanjutnya, air hujan akan jatuh ke permukaan bumi. Siklus ini berlangsung secara kontinu untuk ketersediaan air bagi mahluk hidup (Indarto, 2010) Gambar II.1. Siklus Hidrologi (Suripin, 2004) 2.3 Daerah Aliran Sungai Daerah Aliran sungai (DAS) adalah daerah yang dibatasi oleh punggung- punggung gunung atau pegunungan di mana air hujan yang jatuh di daerah tersebut
Image of page 7
8 Universitas Sriwijaya akan mengalir menuju sungai utama pada titik atau stasiun yang ditinjau (Triatmodjo, 2008). Suatu DAS adalah daerah yang dianggap sebagai wilayah dari suatu titik tertentu pada suatu sungai dan dipisahkan dari DAS-DAS di sebelahnya oleh suatu pembagi ( devide ), atau punggung bukit/gunung yang dapat ditelusuri pada peta topografi (Linsley dan Franzini, 1985) Gambar II.2. Contoh Daerah Aliran Sungai (DAS) 2.4 Presipitasi Presipitasi merupakan suatu proses turunnya air dari lapisan atmosfer ke permukaan bumi, biasanya air tersebut bisa berupa hujan air, hujan salju, hujan es, kabut dan embun. Di Indonesia yang termasuk dalam wilayah tropis air yang biasa turun ke permuakan bumi adalah hujan air, sehingga seringkali hujanlah yang dianggap sebagai presipitasi. Hujan sendiri berasal dari uap air yang ada di atmosfer, sehingga bentuk dan jumlahnya dipengaruhi oleh faktor klmatologi seperti angin, temperatur dan tekanan dari atmosfer.
Image of page 8
Image of page 9

You've reached the end of your free preview.

Want to read all 78 pages?

  • Fall '19

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern

Stuck? We have tutors online 24/7 who can help you get unstuck.
A+ icon
Ask Expert Tutors You can ask You can ask ( soon) You can ask (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes
A+ icon
Ask Expert Tutors