Wilayah ini mengalami surplus energi sedangkan

This preview shows page 3 - 7 out of 12 pages.

wilayah ini mengalami surplus energi sedangkan wilayah lintang tingi mengalami deficit energi. Oleh karena itu terjadi transfer panas dari lintang rendah ke lintang tinggi yang dilakukan melalui.. a. Sirkulasi atmosfer b. Sirkulasi lautan c. Sirkulasi daratan d. a dan b benar
e. a,b,c benar 11. Daerah di pantai yang tidak boleh dipakai sebagai tempat berenang pada umumnya akibat adanya fenomena rip current di daerah tersebut. Apa yang dimaksud dengan rip current? a. Gelombang laut yang terpantulkan kembali ke arah laut b. Arus balik ke arah laut yang terjadi akibat bertemunya dua arus sejajar pantai c. Arus permukaan laut yang ditimbulkan oleh angin yang bertiup di atasnya d. Arus yang timbul akibat kemiringan topografi pantai 12. Jepang merupakan salah satu negara yang paling siap dalam menghadapi bencana. Pada tahun 2011 yang lalu, Jepang diguncang gempa besar yang disertai tsunami yang sangat besar pula. Tsunami tersebut menyapu bersih pantai timur Jepang. Namun, tidak seperti yang diperkirakan, korban juwa pada bencana sangat banyak, mencapai 15.894 jiwa. Apa yang kira-kira menyebabkan korban jiwa yang begitu tinggi pada bencana ini? a. Infrastruktur bencana belum siap b. Banyak bangunan runtuh akibat likuifaksi tanah c. Masyarakat terlalu percaya terhadap infrastruktur yang memadai d. Peringatan tsunami telat sampai kepada masyarakat 13. Perhatikan gambar berikut!
Mengapa piramida penduduk di suatu negara bisa menjadi seperti di atas? a. Terjadi diskriminasi antara laki-laki dan perempuan b. Terjadi banyak migrasi pekerja dari luar negeri c. Tingkat kesuburan negara tersebut berkurang d. Penggunaan kontrasepsi di negara tersebut meningkat 14. Berikut ini yang merupakan ciri dari tahap lepas landas dari teori pembangunan Rostow adalah... a. Konsumsi masyarakat yang tinggi b. Transformasi struktural yang nyata dengan para pekerja yang ahli c. Teknik produksi yang lebih modern dan ekspansi kapasitas produksi d. Penerapan pajak yang progresif 15. Sungai-sungai yang ada di daerah pegunungan sering alirannya mengikuti lereng asli. Sungai yang demikian dinamakan dengan …. a.Konsekuen b. Subsekuen c. Resekuen d. Obsekuen 16. Perhatikan gambar berikut!Gambar ini menunjukkan diagram bentang alam struktural, manakah yg menunjukkan plateau, butte dan mesa secara berurutan?

  • Left Quote Icon

    Student Picture

  • Left Quote Icon

    Student Picture

  • Left Quote Icon

    Student Picture