Terdapat 10 alternatif teknik yang digunakan dalam

  • No School
  • AA 1
  • Homework Help
  • 39

This preview shows page 6 - 8 out of 39 pages.

Terdapat 10 Alternatif teknik yang digunakan dalam menentukan ukuran lot, yaitu: a. Fixed Order Quantity (FOQ) Teknik ini menggunakan kuantitas pemesanan yang tetap, berarti ukuran kuantitas pemesanannya ( lot size ) adalah sama untuk setiap kali pemesanan. Ukuran lot tersebut ditentukan secara sembarangan atau berdasarkan factor-faktor intuisi/empiris, misalnya menggunakan jumlah kebutuhan bersih (R t ) tertinggi sebagai ukuran lotnya. Konsep ini biasa digunakan karena keterbatasan akan fasilitas, misalnya: kemampuan gudang, transportasi, kemampuan supplier dan pabrik. b. Lot for Lot (LFL) Teknik LFL ini merupakan teknik lot sizing yang paling sederhana dan paling mudah dipahami. Pemesanan dilakukan dengan pertimbangan minimasi ongkos simpan. Pada teknik ini, pemenuhan kebutuhan bersih (R t ) dilaksanakan di setiap periode yang membutuhkannya, sedangkan besar ukuran kuantitas pemesanannya adalah sama dengan jumlah kebutuhan bersih (R t ) yang harus dipenuhi pada periode yang bersangkutan. Biasa digunakan untuk item-item yang mahal atau yang tingkat diskontinuitas permintaannya tinggi. c. Least Unit Cost (LUC) Pada teknik ini ukuran kuantitas pemesanan dan interval pemesanannya dapat bervariasi. Ukuran kuantitas pemesanan ditentukan dengan cara coba-coba, yaitu dengan jalan mempertanyakan apakah ukuran lot di suatu periode sebaiknya sama dengan kebutuhan bersihnya atau bagaimana kalau ditambah dengan periode-periode berikutnya. Keputusan pemesanan didasarkan: Ongkos perunit terkecil = (Ongkos pesan per unit) + (Ongkos simpan per unit) d. Economic Order Quantity (EOQ) Teknik EOQ sebenarnya bukan dimaksudkan untuk MRP. Sekalipun begitu, teknik ini dapat dengan mudah diterapkan pada MRP. Teknik didasarkan pada asumsi bahwa kebutuhan bersifat kontinyu dengan pola permintaan yang stabil, dengan meminimasi ongkos simpan dan pesan. Ukuran lot tetap berdasarkan hitungan minimasi tersebut, ditentukan dengan rumus: Q = 2. A. D It .C Dengan : Q : kuantitas pemesanan ekonomis D : penggunaan per tahun A : Biaya pemesanan per satu kali pesanan It : Ongkos simpan Makalah praktikum supply chain management Page 6
Image of page 6
C : Harga per unit e. Period Order Quantity (POQ) Pada konsep ini menggunakan konsep jumlah pemesanan ekonomis agar dapat dipakai pada periode bersifat permintaan diskrit, teknik ini dilandasi oleh metode EOQ. Dengan mengambil dasar perhitungan pada metode pesanan ekonomis maka akan diperoleh besarnya jumlah pesanan yang harus dilakukan dan interval periode pemesanannya adalah setahun. f. Least Total Cost (LTC) Teknik ini didasarkan pada pemikiran bahwa jumlah ongkos pengadaan dan ongkos simpan (ongkos total) setiap ukuran pemesanan (lot size) yang ada pada suatu horizon perencanaan dapat diminimalkan jika besar ongkos-ongkos tersebut sama atau hampir sama. Sarana untuk mencapai tujuan tersebut adalah suatu faktor yang disebut Economic Part Period (EPP). Part period adalah suatu unit yang disimpan dalam persediaan selama satu periode. EPP didefinisikan sebagai kuantitas suatu item persediaan yang bila disimpan dalam persediaan
Image of page 7
Image of page 8

You've reached the end of your free preview.

Want to read all 39 pages?

  • Fall '19

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern

Stuck? We have tutors online 24/7 who can help you get unstuck.
A+ icon
Ask Expert Tutors You can ask You can ask ( soon) You can ask (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes
A+ icon
Ask Expert Tutors