Memiliki tiga tujuan umum dalam merancang sistem

This preview shows page 71 - 73 out of 154 pages.

memiliki tiga tujuan umum dalam merancang sistem pengendalian internal yang efektif: 1. Reliabilitas pelaporan keuangan. Manajemen memikul tanggungjawab hukum maupun professional untuk memastikan bahwa informasi telah disajikan secara wajar sesuai dengan persyaratan pelaporan yang sesuai menurut prinsip-prinsip akuntansi yang berlaku umum( GAAP). Tujuan dari penegndalian ini adalah untuk memenuhi tanggungjawab dalam pelaporan keuangan. 2. Efisiensi dan efektivitas informasi. Pengendalian dalam perusahaan akan mendorong pemakaian sumber daya yang efisien dan efektif untuk mengoptimalkan sasaran-sasaran perusahaan. Tujuan yang penting dari pengendalian ini adalah untuk memperoleh informasi keuangan dan nonkeuangan yang akurat tentang operasi perusahaan untuk keperluan pengambilan keputusan. 3. Ketaatan pada hukum dan peraturan. Section 404 mengharuskan semua perusahaan public mengeluarkan laporan tentang keefektifan pelaksanaan pengendalian internal atsa
Image of page 71
LEARDO ARLES DOCUMENT 2014 72 pelaporan keuangan. Selain mematuhi hukum dalam section 404, organisasi-orgnisasi public, nonpublic, dan nirlaba diwajibkan menaati berbagai hukum dan peraturan. Beberapa hanya berhubungan secara tidak langsung dengan akuntansi, secara UU perlindungan lingkungan dan hak sipil, sementara yang lainnya berkaitan erat dengan akuntansi, seperti peraturan pajak pengahsilan dan kecurangan. Pengendalian intern diharapkan mampu memberikan keyakinan memadai, bukan keyakinan mutlak bagi manajemen dan dewan komisaris entitas.Penyebab pengendalian intern tidak dapat memberikan keyakinan mutlak karena adanya keterbatasan yang melekat dalam semua system pengendalian intern dan pertimbangan manfaat dan pengorbanan dalam pencapaian tujuan pengendalian. Keterbatasan tersebut yaitu ; 1. Kesalahan dalam pertimbangan 2. Kolusi 3. Pengabaian oleh manajemen 4. Biaya lawan manfaat Tanggung Jawab Manajemen Dan Auditor Atas Pengendalian Internal Tanggungjawab atas pengendalian internal antara manajemen dan auditor. Manajemen bertanggungjawab untuk menetapkan dan menyelenggarakan pengendalian internal entitas. Dan menurut section 404, manajemen juga bertangggungjawab untuk melaporkan secara terbuka tentang keefektifan pelaksanaan pengendalian tersebut. Sedangkan auditor bertanggujawab untuk memahami dan menguji pengedalian internal atas pelaporan keuangan. Menurut section 404, auditor diwajibkan untuk menerbitkan laporan audit tentang penilaian manajemen atas manajemen atas pengendalian internalnya, termasuk pendapat auditor mengenai keefektifan pelaksanaan pengendalian tersebut. Ada dua konsep utama yang melandasi perancangan dan implementasi pengendalian internal: 1. Kepastian yang Layak. Perusahaan harus mengembangkan pengendalian internal yang akan memberikan kepastian yang layak, tetapi bukan absolute, bahwa laporan keuangan telah disajikan secara wajar. Seperti yang telah didefinisikan oleh PCAOB, bahwa kepastian yang layak hanya memberikan kemungkinan yang kecil saja bahwa salah saji material tidak akan
Image of page 72
Image of page 73

You've reached the end of your free preview.

Want to read all 154 pages?

  • Fall '19

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern

Ask Expert Tutors You can ask You can ask ( soon) You can ask (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes