Kelompok kelompok berdasarkan variabel variabel

This preview shows page 32 - 35 out of 190 pages.

kelompok-kelompok berdasarkan variabel-variabel demografi seperti usia, jenis kelamin, ukuran keluarga, siklus hidup keluarga, pendapatan, pekerjaan, pendidikan, tempat tinggal, agama, ras dan kebangsaan. Variabel- variabel demografis merupakan dasar yang paling populer untuk menentukan kelompok-kelompok pelanggan, karena keinginan, kebutuhan, dan tingkat pemakaian konsumen seringkali berkaitan sangat erat dengan variabel demografis dan juga variabel demografis lebih mudah diukur dari pada kebanyakan variabel lain. Penulis menyimpulkan bahwa segmentasi demografis tidak dapat dihindari karena jika segmen pasar ditetapkan dengan dasar yang lain (non demografis), karakteristik demografis mereka harus diketahui pula untuk menaksir PLAGIAT MERUPAKAN TINDAKAN TIDAK TERPUJI
Image of page 32
14 besarnya pasar sasaran dan memenuhi kebutuhan mereka secara efektif dan efisien. b) Segmentasi Geografis Perusahaan membagi pasar menjadi beberapa unit secara geografis seperti negara, regional, negara bagian, provinsi, kota atau komplek perumahan. Penulis juga menyimpulkan bahwa perusahaan tidak bisa menghindari jenis segmentasi ini karena jika perusahaan ingin mendistribusikan produknya di banyak wilayah maka perusahaan harus menguasai karakter geografis di tiap-tiap wilayah. c) Segmentasi Psikografis Pada segmentasi ini perusahaan membagi kelompok konsumen menjadi beberapa kelompok berdasarkan status sosial, gaya hidup, dan kerpibadiannya. Segmentasi ini merupakan jenis segmentasi yang lebih spesifik daripada dua segmentasi sebelumnya, karena perusahaan berusaha untuk menggali kepribadian para konsumennya dan melihat kebutuhan mereka secara spesifik. d) Segmentasi Perilaku Segmentasi ini mengelompokkan konsumen menurut perilaku mereka terhadap suatu produk seperti misalnya tingkat konsumsi dan respon setelah membeli produk. PLAGIAT MERUPAKAN TINDAKAN TIDAK TERPUJI
Image of page 33
15 2) Penentuan Target Pasar Setelah pasar disegmentasi, langkah berikutnya yang harus dilakukan perusahaan adalah melakukan penentuan pasar sasaran atau melakukan targeting . Langkah tersebut akan memunculkan pasar sasaran ( target market ), yaitu sekelompok pembeli yang berbagi kebutuhan dan karakteristik yang sama yang akan dilayani oleh perusahaan. Lima pola targeting menurut Kotler dan Keller (2016:286) adalah: a) Single Segment Concentration Perusahaan memilih satu segmen saja untuk dilayani. Misalnya perusahaan hanya berkonsentrasi pada kelompok yang beragama tertentu yang diperkirakan jumlahnya sudah cukup banyak untuk menjadi konsumen perusahaan. Dengan pola ini, perusahaan bisa mencapai posisi yang lebih kuat di satu segmen, karena perusahaan akan fokus terhadap satu segmen dengan begitu pengetahuan perusahaan akan segmen tersebut seharusnya semakin luas dan perusahaan dapat semakin cepat dalam mengantisipasi dinamika permintaan konsumen.
Image of page 34
Image of page 35

You've reached the end of your free preview.

Want to read all 190 pages?

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern

Stuck? We have tutors online 24/7 who can help you get unstuck.
A+ icon
Ask Expert Tutors You can ask You can ask You can ask (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes
A+ icon
Ask Expert Tutors