Honai rumah ukuran umumnya kecil dengan ketinggian

This preview shows page 3 - 5 out of 6 pages.

dari Jerai atau gulma. Honai rumah ukuran umumnya kecil, dengan ketinggian sekitar 2,5 meter dan tidak ada windows. Tujuannya adalah untuk menahan pegunungan dingin. Di tengah biasanya ada tempat untuk membuat api unggun. Bahan penutup atap terbuat dari jerami/rumbia (rumput alang-alang), dengan pertimbangan bahwa material tersebut ringan, lentur, menyerap goncangangempa, serta dapat menghangatkan dan melindungi dari hujan dan panas matahari. Pada rumah honai, dinding terbuat dari bahan papan kayu kasar, dan terdiridari 2 lapis, dengan tujuan untuk menahan udara dingin dan angin kencangdari luar. Di sekeliling dinding rumah, terdapat bukaan yang sangat minim,yaitu berupa sebuah pintu masuk yang sempit dan rendah sehingga penghunirumah harus membungkuk untuk melewatinya. Terkadang terdapat sebuah jendela sempit pada honai laki- laki, agar dapat mengetahui jika ada tamu yang berkunjung atau musuh yang memasuki silimo. Sedangkan pada honai perempuan, sama sekali tidak terdapat bukaan berupa jendela. Jadi, suasana didalam honai adalah remang-remang atau bahkan gelap. Pada malam hari,hanya diterangi oleh nyala api dari perapian yang terdapat di tengah honai. Tahapan Konstruksi Pada proses pembangunan honai, terdapat beberapa tahapan konstruksi yaitu sebagai berikut: 1. Tahap pengukuran, pembersihan, pemerataan tanah sebelum mendirikan suatu silimo, maka dilakukan musyawarah antaraanggota keluarga dan klen untuk menentukan lokasi yang tepat. Kemudiandilakukan pembersihan dan pemerataan tanah di lokasi tersebut, dandilakukan pengukuran. Penentuan diameter honai didasarkan pada ukurantinggi badan anggota keluarga yang paling tinggi, dikarenakan masyarakatsuku Dani tidur dengan tubuh membujur dari dinding dan kaki ke arah perapian (bagian pusat honai). 2.Tahap pemasangan tiang-tiang utama dan pembagianlantai atas dan bawah 3.Tahap pekerjaan rangka rumah 4.Tahap penyelesaian akhir. Kebiasaaan dari suku atau orang dani dalam membangun honai yaitu mereka mencari kayu yang memang kuat dan dapat bertahan dalam waktu yang lama atau bertahun-tahun. Bahan yang digunakan sebagai berikut: 1. Kayu besi (oopir) digunakan sebagai tiang tengah 2. Kayu buah besar 3. Kayu batu yang paling besar 4. Kayu buah sedang 5. Jagat (mbore/pinde) 6. Tali 7. Alang-alang
Image of page 3

Subscribe to view the full document.

Jurnal Ilmiah Teknik dan Informatika Vol.1, No.1, Februari 2016 28 8. Rotan 9. Papan yang dikupas 10. Papan las,dll Bahan atau material utama untuk membangun sebuah Honai adalah kayu, rotan, alang-alang, dan kulit kayu cemara. Dalam pemilihan kayu, kayu besi dipilih karena merupakan kayu yang bisa bertahan lama dan kuat. Rotan dipilih untuk mengikat seluruh bagian rumah honai. Kulit kayu cemara sebagai dasar untuk menutup bagian atap yang sebelumnya menggunakan ilalang atau alang - alang. Ilalang atau alang - alang digunakan sebagai penutup dari luar sekaligus memberikan kehangatan untuk ruangan honai keseluruhan. 3.3 Konstruksi Honai Konstruksi Rumah Honai akan dibahas satu per satu dengan detail konstruksi dan karakteristik dari masing-masing elemen rumah Honai.
Image of page 4
Image of page 5
  • Fall '19

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern

Ask Expert Tutors You can ask 0 bonus questions You can ask 0 questions (0 expire soon) You can ask 0 questions (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes