Kurva penawaran jangka pendek dapat bergeser kurva

  • No School
  • AA 1
  • ProfNeutron6529
  • 27
  • 100% (1) 1 out of 1 people found this document helpful

This preview shows page 12 - 15 out of 27 pages.

Kurva Penawaran Jangka Pendek dapat BergeserKurva Penawaran Jangka Pendek Bergeser Apabila :1.Pergeseran yang timbul dari tenaga kerja Peningkatan jumlah tenaga kerja yang adamenyebabkan kurva penawaran agrerat bergeser ke kanan, penurunannya menyebabkan kurvapenawaran agrerat bergeser ke kiri.
2.Pergeseran yang timbul dari modal Peningkatan modal fisik dan modal manusia dapatmenggeser kurva penawaran agrerat ke kanan, sedangakan penurunanya menggeser kurvapenawaran agrerat ke kiri.3.Pergeseran yang timbul dari sumber daya alam .Peningkatan ketersediaan sumber daya alam dapat menggeser kurva penawaran agrerat kekanan, sedangkan penurunannya menggeser kurva penawaran agrerat ke kiri.4.Pergeseran yang berasal dari TeknologiPeningkatan pengetahuan teknologi akan menggeser kurva penawaran agregat jangka pendekke kanan. Penurunan pengetahuan teknologi juga dapat menggeser kurva penawaran agregatke kiri.5.Kurva Penawaran Jangka Pendek bisa Bergeser karena Perubahan Dalam TingkatHarga Yang DiharapkanoKenaikan tingkat harga yang diharapkan mengurangi jumlah barang dan jasa yangditawarkan dan menggeser kurva penawaran agregat jangka pendek ke kiri.oPenurunan tingkat harga yang diharapkan meningkatkan jumlah barang dan jasa yangditawarkan dan menggeser kurva penawaran agregat jangka pendek ke kanan.DUA PENYEBAB FLUKTUASI EKONOMIUntuk menyederhanakan pemahaman ,dapat diasumsikan ekonomi di mulai padakeseimbangan jangka panjang. Keseimbanan output dan tingkat harga ditentukan olehperpotongan kurva penawaran agregat dan kurva penawaran agregat jangka panjang.Ketikasuatu perekonomian berada pada keseimbangan jangka panjangnya,upah,harga dan persepsiharus disesuaikan sehingga persimpangan permintaan agregat dengan penawaran agregatjangka pendek akan sama dengan persimpangan permintaan agregat dengan penawaranagregat jangka panjang.DampakPergeseranPermintaan AgregatJatuhnya permintaan agregat yang dapat disebabkan oleh gelombang pesimisme dalamperekonomian ditunjukkan dengan pergeseran kurva permintaan agregat ke arah kiri dari AD1ke AD2. Perekonomian bergerak dari titik A ke titik B. Output pun menjadi jatuh dari Y1 keY2 dan tingkat harga jatuh dari P1 ke P2. Selama ini, ketika upah, harga, dan persepsimenyesuaikan diri, kurva penawaran agregat jangka pendek bergeser ke kanan dari AS1 keAS2 dan perekonomian mencapai titik C, dimana kurva permintaan agregat yang baru
melintasi kurva penawaran agregat jangka panjang. Tingkat harga jatuh ke P3, dan outputkembali ke tingkat alamiahnya ke Y1Tentangpergeseranpadapermintaan agregat inimemiliki dua hal yangdapat diambil yaitu :a.Dalam jangka pendek,Pergeseran-pergesaran pada permintaan agregat menyebabkanfluktuasi pada output barang dan jasa dalamperekonomian.

  • Left Quote Icon

    Student Picture

  • Left Quote Icon

    Student Picture

  • Left Quote Icon

    Student Picture