Anda telah menguasai kompetensi dalam mendiagnosa kebutuhan perubahan dalam

Anda telah menguasai kompetensi dalam mendiagnosa

This preview shows page 7 - 9 out of 113 pages.

Anda telah menguasai kompetensi dalam mendiagnosa kebutuhan perubahan dalam tugas dan jabatannya di bidang pelayanan publik dan menentukan gagasan perubahan bukan? Kompetensi tersebut apakan telah anda buktikan dengan telah: (1) mengidentifikasi permasalahan dan solusi pemecahan masalah pengelolaan dan pengawasan pelayanan publik di unit organisasi Instansinya (2) menerapkan teknik-teknik analisis manajemen yang relevan dalam mendiagnosis masalah pengelolaan dan pengawasan pelayanan publik di unit Anda? Nah kini saatnya anda melakukan analisis alternative pemecahan masalahnya. Pertanyaannya adalah apakah analisis pemecahan masalah anda telah menggunakan kerangka berfikir kreatif ? Pemecahan masalah perlu dilakukan dengan menggunakan kerangka berfikir kreatif dan inovatif. Mengapa? Hal ini untuk memberikan kepuasan terhadap pelayanan terhadap pelanggan kita. Ingat pelanggan kita membutuhkan sesuatu yang cepat, tepat, murah, akurat, bermutu . Oleh karena itu kita perlu berinovasi. Untuk berinovasi diperlukan berfikir kreatif dan inovatif. Apalagi dengan hadirnya revolusi industry 4.0 Hadirnya revolusi industri 4.0 ditandai dengan hadirnya teknologi cyber. Teknologi yang banyak diekplorasi pada era ini adalah yang berkaitan dengan internet of things (IoT), aplikasi berbasis kecerdasan buatan ( artificial intelligence) , big data, robotik dan sensor , mesin pembelajar (machine learning), dan cloud computing . Memperhatikan perkembangan revolusi industry 4.0 tersebut, menuntut organisasi melakukan
Image of page 7
2 Modul Berpikir Kreatif dalam Pelayanan Pelatihan Kepemimpinan Pengawas perubahan sejalan dengan tuntutan pelanggan dalam pelayanan. kebutuhan organisasi pemerintahan yang semakin dinamis, disebabkan perubahan lingkungan strategis dan kompleksitas permasalahan yang ada menuntut Anda sebagai pemimpin pengawas beserta staf anda bekerja tidak monoton, namun dituntut untuk berpikir kreatif dan inovatif. Hal ini dimaksudkan sebagi usaha peningkatan kualitas pelayanan birokrasi kepada masyarakat. Inovasi hadir sebagai sebuah produk baru dan sifatnya menggantikan cara-cara lama yang telah digunakan sebelumnya. Inovasi yang dihasilkan merupakan hasil pemikiran kreatif seseorang. Kreativitas merupakan bahan bakar inovasi. Kreativitas adalah potensi yang dimiliki oleh setiap manusia sejak lahir, dan dapat dibentuk serta dilatih. Oleh karena itu peningkatan kompetensi bagi aparatur dalam merangsang pola pikir kreatif sangat diperlukan. Dampaknya adalah dapat keluar dari kebiasaan- kebiasaan birokrasi yang bekerja secara “ business as usual bekerja dalam dalam comfort zone, yang penting sudah bekerja, entah seperti apa hasilnya ? Hal ini terkesan hanya terpaku kepada aturan yang selama ini menjadi acuan kerjanya. Sementara itu ekspektasi masyarakat terhadap penyelenggaraan pemerintahan khususnya terkait dengan pelayanan publik sangat tinggi. Di sinilah inovasi harus dimunculkan, karena inovasi membawa pola pikir baru, produk baru, sistem baru yang menggantikan pola-pola dan cara-cara lama yang dilaksanakan selama ini.
Image of page 8
Image of page 9

You've reached the end of your free preview.

Want to read all 113 pages?

  • Summer '17

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern

Stuck? We have tutors online 24/7 who can help you get unstuck.
A+ icon
Ask Expert Tutors You can ask You can ask You can ask (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes
A+ icon
Ask Expert Tutors