asal kentang berbeda beda Kadang kadang kentang di daerah tertentu yang dominan

Asal kentang berbeda beda kadang kadang kentang di

This preview shows page 22 - 24 out of 50 pages.

asal kentang berbeda-beda Kadang-kadang kentang di daerah tertentu yang dominan pada saat tertentu, tapi bulan berikutnya kentang daerah lain yang dominan. Pola suplai dari daerah –daerah produksi ini sulit untuk diprediksi. Tidak ada pola khusus seperti bulan tertentu. untuk kentang daerah tertentu. Hal ini terjadi hampir di semua pasar induk. Namun ada juga pedagang yang menyebutkan pola dagangannya, misalnya beberapa pedagang di pasar Caringin Bandung menyatakan bahwa bulan Desember sampai Pebruari mereka menerima dari sekitar Jawa Barat, sementara bulan-bulan lain mereka menerima dari Dieng Jawa Tengah. Beberapa pedagang di Pasar Caringin juga menyatakan mereka hanya menjual dari daerah tertentu saja, yaitu dari Dieng saja atau dari Jawa Barat saja. Hal ini menunjukkan bahwa suplai kentang dari daerah-daerah produksi juga kontinyu. Adanya dominasi kentang atau suatu daerah tampaknya terjadi bila terjadi panen raya di suatu daerah produksi. Panen raya sendiri sulit untuk diprediksi pada bulan–bulan apa karena seringkali juga terjadi gagal panen yang sulit diramalkan. Menurut para pedagang mereka dapat membedakan perbedaan kualitas kentang dari beberapa pusat produksi. Sudah terbentuk persepsi kualitas terhadap asal kentang. Misalnya kentang Dieng dipersepsi sebagai kentang yang berkualitas terhadap asal kentang. Misalnya kentang Dieng dipersepsi sebagai kentang yang berkualitas tinggi dan tahan lama. Kentang Malang dianggap lebih enak dan agak tahan lama. Pedagang-pedagang di Jakarta juga menganggap kentang dari Sumatera Utara juga bagus dan sangat tahan lam seperti kentang Dieng. Akan tetapi kentang dari Garut dan Probolinggo dipersepsi sebagai kentang dengan mutu rendah dan mudah busuk Karena kadar airnya yang tinggi. Varietas yang paling banyak di jual adalah Granola. Seringkali disebut secara singkat sebagai kentang “Gran” (baca:gren). Ada jug a beberapa pedagang yang menjual varietas lain yaitu Atlantic (ditemukan di Jakarta) and di Surabaya beberapa pedagang juga mereka menjual Alpha, Renova, and kentang merah. Namun dari segi jumlah, penjualan varietas lain tersebut sangat sedikit. Beberapa EKONOMI MIKRO Page 22
Image of page 22
pedagang yang diwawancarai ada juga yang tidak mengetahui varietas kentang apa yang mereka jual. Atribut yang disukai oleh pedagang Pasar Induk secara umum adalah ukuran yang besar dan yang kuning dagingnya. Dua atribut ini yang mayoritas disebut oleh pedagang. Beberapa atribut lain yang juga disebut adalah bentuk yang bulat, keras, bersih, cerah,mulus, dan tidak basah. Alasan utama mereka kenapa mereka menyukai atribut-atribut tersebut adalah atribut seperti itu yang disukai konsumen, mudah menjualnya, lebih tinggi harga jualnya, dan tidak mudah busuk. Beberapa pedagang juga menyebutkan alasan mudah mengolahnya dan lebih enak. Tampak alasan-alasan yang dikemukan oleh pedagang ini adalah alasan-alasan tuntutan pasar atau kebutuhan konsumen.
Image of page 23
Image of page 24

You've reached the end of your free preview.

Want to read all 50 pages?

  • Spring '17

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern

Stuck? We have tutors online 24/7 who can help you get unstuck.
A+ icon
Ask Expert Tutors You can ask You can ask You can ask (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes
A+ icon
Ask Expert Tutors