2 terbantunya ukm dalam mengembangkan usaha yang

This preview shows page 6 - 9 out of 11 pages.

2) Terbantunya UKM dalam mengembangkan usaha yang selama ini tidak ada perkembangan secara signifikan. 3) UKM yang telah berkembang mampu bertahan dan bersaing dengan kompetitor yang telah lama berdiri. 1.5.Kegunaan Program 1) Peserta kegiatan(Masyarakat umum dan UKM) nantinya dapat memperoleh pengetahuan terkait usaha apa yang mampu berdiri saat ini dan berkelanjutan sehingga tepat untuk dijalankan dan dikembangkan (melalui sesi passion ) 2) UKM dapat mengembangkan keterampilan serta minat dan bakat yang dimiliki (melalui sesi produktifitas ). 3) UKM mampu mengedalikan semua bagian, khususnya bagian produksi dan pemasaran untuk kemajuan usaha yang telah berdiri dan mampu memilih alternatif pemecahan masalah agar usahanya tetap betahan (melalui sesi kompetisi ). 4) peserta kegiatan (Masyarakat umum dan UKM)dapat mengambil poin penting kegiatan sehingga dapat mengimplementasikan dengan cara mereka sendiri untuk kelangsungan usaha mereka.
Image of page 6

Subscribe to view the full document.

4 BAB 2 Gambaran Umum Targe Sasaran Kegiatan Data yang diperoleh dari sindonews.com (2017) Jumlah pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Semarang terus mengalami pertumbuhan setiap tahun. Rata-rata pertumbuhan setiap tahun sekitar 1,97%. Asisten Administrasi Umum Sekda Kota Semarang Agustin Lusin Dwimawati mengatakan, saat ini total jumlah pelaku UMKM di Kota Semarang yang terdaftar 11.692 UMKM. Setiap tahun jumlah UMKM terus tumbuh. Meskipun jumlah yang terdaftar sekitar 11.692 UMKM, namun kenyataan di lapangan bisa jauh lebih dari angka jumlah itu. Pemerintah Kota Semarang terus aktif melakukan berbagai upaya untuk membantu para pelaku UMKM memasarkan produk-produknya, sampai ke luar kota Semarang. Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Semarang Litani Satya mengatakan, pihaknya saat ini terus berusaha untuk terus mencetak wirausaha baru UMKM. Sektor UMKM menjadi salah satu sektor penopang ekonomi yang cukup baik dan stabil. Dari pernyataan tersebut menurut saya kurang tepat disebabkan masih banyak UKM yang saya jumpai dan saya wawancarai, mengenai perkembangan usaha yang mereka (UKM) jalani hanya sebatas dibayai dan jarang mendapat binaan langsung dari pemerintah, yang mengakibatkan ada sebagaian UKM akhirnya memutuskan untuk gulung tikar. Dengan kondisi yang seperti sekarang ini harapannya project MOODPRENEUR dapat membantu pemerintah untuk menyejahterakan UKM yang baru dibangun atau yang sudah dibangun tetapi belum berjalan maksimal. Sehingga dapat meningkatkan 2% pertumbuhan ekonomi setiap tahunnya, khususnya di Semarang.
Image of page 7
5 BAB 3 Metode Pelaksanaan 3.1. Tahap Persiapan Tahap persiapan yang dilakukan meliputi perizinan kepada Pemerintah kota Semarang dan mitra disini yaitu UKM, serta melakukan sosialisasi tentang kegiatan sehingga baik pelaksana, mitra, dan peserta (masyarakat umum) dapat mempersiapkan diri serta program dapat berjalan dengan lancar.
Image of page 8

Subscribe to view the full document.

Image of page 9
  • Fall '16
  • Nika Lutfiana

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern