3 Conceptual skills kemampuan untuk menggambarkan perusahaan secara keseluruhan

3 conceptual skills kemampuan untuk menggambarkan

This preview shows page 4 - 7 out of 7 pages.

3.Conceptual skillskemampuan untuk menggambarkan perusahaan secara keseluruhan dan melihat hubungandari beberapa bidang.Sikap Sebagai Leader1.Menyampaikan visi dan tanggung jawab. Menyatukan pengikutnya dengan visinya2.Menetapkan nilai-nilai dalam perusahaan yang dapat memotivasi para karyawan mencapai tujuan3.Membentuk etika bisnis. Kejujuran dan memperlakukan pegawainya dengan adil4.Mampu berinovasi, serta meningkatkan efektivitas dan efisiensi5.Memiliki akuntabilitas, transparansi dan tanggunng jawab atas keputusan yang telah di ambilTRANSPARANSI (transparency) = keterbukaan dalam melaksanakann proses pengambilan keputusan danmengemukakan informasi materil yang relevan mengenai perusahaan.
Background image
Gaya Kepemimpinan1.AutokratisKegiatan memutuskan, mengarahkan, dan mengawasi terpusat pada pemimpin. Pemimpin menetapkankeputusan yang ia ambil dan stakeholdermengajukan pertanyaan.efektif diterapkan pada keadaan darurat dan keadaan yang mengharuskan adanya kekuasaan yang mutlak,contohnya situasi kebakaran yang harus dipadamkan dengan cepat. Gaya ini juga cocok diterapkan padasebuah badan usaha yang memiliki pekerja yang tidak terdidik dan membutuhkan instruksi dan arahan yangjelas.2.Demokratis / PartisipatifPemimpin dan stakeholdermemiliki peran yang sama dalam mencapai keputusan, keputusan akhir ditetapkanoleh pemimpin.3.“Free Rain”Pemimpin hanya menentukan tujuan perusahaan, karyawan bebas menentukan bagaimana mencapai tujuantersebut. Contoh : perusahaan periklanan (karena membutuhkan kreativitas), manajer supervise dokter,professor, insinyurModel Kepemimpinan1.DirectingIntruksi eksplisit kepada karyawan mengenai apa yang harus dilakukan, memberi tahu tujuan perusahaan,serta memberi feedbackkepada karyawan. Contoh : restoran fast food,penjual eceran2.Progresifseperti di berbagai perusahaan teknologi dan perusahaan internet mengunakan model pemberdayaan kepadapegawainya untuk dapat membuat keputusan secara mandiri. Pemberdayaan berarti memberikan pegawaiwewenang untuk dapat membuat keputusan tanpa mengonsultasikannya kepada manajer dan tanggungjawabuntuk merespon cepat keinginan konsumen.
Background image
3.EnablingPemberian fasilitas kepada karyawan untuk menunjang kinerja perusahaan dan menentukan sebuahkeputusan baik. Biasanya perusahaan megadakan training dan coaching, seminar, serta pendidikan.
Background image
Image of page 7

You've reached the end of your free preview.

Want to read all 7 pages?

  • Winter '19
  • naware

  • Left Quote Icon

    Student Picture

  • Left Quote Icon

    Student Picture

  • Left Quote Icon

    Student Picture