rwx nomor 234 adalah hak akses untuk pemilik file user readbaca writetulis

Rwx nomor 234 adalah hak akses untuk pemilik file

This preview shows page 7 - 16 out of 34 pages.

rwx (nomor 2,3,4) adalah hak akses untuk pemilik file / user (read/baca, write/tulis, execute/eksekusi).
Image of page 7

Subscribe to view the full document.

Batasan File (File Restriction) Lanjut…. r-x (nomor 5,6,7) adalah hak akses untuk group dari pemilik file (read/baca, execute/eksekusi) bukan group yang memiliki file (pada contoh adalah group ‘stmik’). r-x (nomor 8,9,10) adalah hak akses untuk other (user- user selain pemilik file dan groupnya)(read/baca, execute/eksekusi). Pemilik file atau super user / administrator dapat mengubah hak akses terhadap file-filenya.
Image of page 8
Pengaturan hak akses terhadap suatu file Metode Huruf Pada metode huruf ini sintaknya diwakili oleh huruf-huruf yang menerangkan tentang hak akses dan pemilik file tersebut. Huruf-huruf yang dipakai adalah : r = menyimbolkan read / baca w = menyimbolkan write / tulis x = menyimbolkan execute / eksekusi u = menyimbolkan user / pemilik file g = menyimbolkan group o = menyimbolkan other / user lain selain pemilik file dan group
Image of page 9

Subscribe to view the full document.

Pengaturan hak akses terhadap suatu file (Lanjut…..) Sintak : chmod [ugo]+/-[rwx] nama_file Dengan tanda ‘+’ digunakan untuk memberi hak akses. tanda ‘-‘ digunakan untuk menghilangkan hak akses. contoh : chmod u+rw aku : memberi hak akses kepada user / pemilik file dengan hak akses read / baca dan write / tulis pada file stmik. chmod go-w aku : menghilangkan hak akses write / tulis untuk group dan other pada file oman chmod ugo+w aku : menambahkan hak akses write / tulis untuk user, group dan other pada file oman,
Image of page 10
Pengaturan hak akses terhadap suatu file (Lanjut…..) Metode Angka Selain menggunakan metode huruf, untuk mengatur hak akses dapat menggunakan metode angka. Angka-angka yang digunakan merupakan hasil dari konversi dari bilangan biner ke desimal, yaitu : 4 mewakili hak akses read / baca ( r--) --> 100 (biner) = 4 2 mewakili hak akses write / tulis (-w-) --> 010 = 2 1 mewakili hak akses execute/ eksekusi(--x) --> 001 = 1 0 menghilangkan semua hak akses ( --- ) --> 000 = 0
Image of page 11

Subscribe to view the full document.

Pengaturan hak akses terhadap suatu file (Lanjut…..) Contoh : chmod 651 saya Hak akses untuk user adalah read dan execute (6) hak akses untuk group adalah write dan execute (5) hak akses untuk other adalah execute (1) chmod 740 kamu hak akses untuk user adalah read, write dan execute (7), ( full akses).hak akses untuk group adalah write. hak akses untuk other tidak ada (0)
Image of page 12
3. Kepemilikan File (File Ownership) Hak kepemilikan dari sebuah file atau direktori dapat diubah-ubah. Baik mengubah kepemilikan dari seorang user ke user lain atau dari suatu group ke group lain. Ada yang perlu diperhatikan dalam merubah kepemilikan file: Hanya super user / administrator yang dapat merubah hak kepemilikan sebuah file Dalam hal pemindahan kepemilikan dari suatu group ke group lain yang perlu diperhatikan adalah group yang memiliki file, bukan group dari user si pemilik file .
Image of page 13

Subscribe to view the full document.

Kepemilikan File (File Ownership) Lanjut…… Untuk mengubah kepemilikan file menggunakan perintah chown (untuk merubah kepemilikan file dari seorang user ke user lain) dan chgrp (untuk merubah kepemilikan file dari satu group ke group lain), sintaknya adalah : chown owner nama_file Dengan owner adalah nama user lain yang akan diberi file contoh : chown mahasiswa data --> akan menjadikan file data menjadi milik user mahasiswa chgrp group nama_file Dengan group adalah nama group lain yang akan diberi file contoh : chgrp amikom data --> akan menjadikan file data menja di milik dari group amikom
Image of page 14
4. Manajemen Proses
Image of page 15

Subscribe to view the full document.

Image of page 16
  • Fall '18
  • aaaa

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern

Ask Expert Tutors You can ask 0 bonus questions You can ask 0 questions (0 expire soon) You can ask 0 questions (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes