Salah satu jenis pernyataan kebijakan adalah standar perilaku yang diharapkan

Salah satu jenis pernyataan kebijakan adalah standar

This preview shows page 7 - 13 out of 24 pages.

Salah satu jenis pernyataan kebijakan adalah standar perilaku yang diharapkan untuk diikuti oleh para karyawan. Misalnya: 1. Kepatuhan terhadap hukum dan peraturan yang berlaku termasuk : a. UU anti monopoli dan peraturan perdagangan b. peraturan tentang sekuritas , terutama yang terkait dengan penggunaan informasi insider dan perdagangan sekuritas.
Image of page 7
2. Hubungan dengan aparat pemerintah 3. Pencacatan yang benar terhadap dana, aktiva, dan pengeluaran kas 4. Kegiatan diluar tugas yang bertentangan dengan kepentingan perusahaan 5. Perusahaan anak dan perusahaan afiliasi 6. Laporan – laporan dan jaminan
Image of page 8
Tujuan Kinerja ( Performance Goals ) Sistem penganggaran mensyaratkan bahwa manajemen menetapkan tujuan kinerja untuk setiap segmen dalam organisasi. Selanjutnya manajemen puncak mengkomunikasikan tujuan ini ke setiap manajer segmen dengan mengeluarkan anggaran periodik. Sistem ini disebut sistem penganggaran kinerja ( performance budgeting system ), yang mengkoordinasikan setiap segmen untuk mencapai tujuannya.
Image of page 9
Tujuan Organisasi dan Tujuan Departemen Umumnya perusahaan menetapkan tujuannya dengan menggunakan ukuran berupa residual income (RI) atau return on investment (ROI) capital. Sistem penganggaran kinerja menjabarkan tujuan perusahaan ke dalam tujuan yang lebih rinci dan spesifik untuk jenjang yang lebih bawah seperti departemen, divisi, biro, dll.
Image of page 10
Metoda-metoda Penyusunan Tujuan Departemental Jika departemen puncak menetapkan tujuan departemental untuk jenjang manajer yang lebih bawah, maka sebuah sistem penganggaran kinerja disebut dengan sistem otoritatif ( autorithative systems ) Alternatif lain yg dapat dilakukan adalah perusahaan memberi kesempatan kepada para manajer jenjang organisasi yang lebih bawah untuk berpartisipasi dalam menyusun tujuan kinerjanya sendiri yang disebut dengan sistem penganggaran partisipatif ( partisipative budgeting systems ).
Image of page 11
Aliran Informasi dari Bawah ke Atas ( Bottom-Up Information Flow ) Informasi berasal dari kejadian atau transaksi pada jenjang paling bawah dalam struktur organisasi.
Image of page 12
Image of page 13

You've reached the end of your free preview.

Want to read all 24 pages?

  • Fall '19

  • Left Quote Icon

    Student Picture

  • Left Quote Icon

    Student Picture

  • Left Quote Icon

    Student Picture