Resistensi kreativitas ekonomi rakyat produktivitas sektor tradisional dan

Resistensi kreativitas ekonomi rakyat produktivitas

This preview shows page 7 - 9 out of 35 pages.

resistensi ekonomi rakyat dalam krisis ini. Resistensi, kreativitas ekonomi rakyat, produktivitas sektor tradisional dan berfungsinya asas kekeluargaan, merupakan kekuatan ekonomi yang riil yang telah mampu menahan kemerosotan ekonomi yang disebabkan oleh krisis itu, dan malahan telah mampu pula mengangkat pertumbuhan ekonomi kembali pada permukaan pertumbuhan ekonomi dengan pertumbuhan +13,7% dengan tercapainya tingkat +0% di tahun 1999, dilanjutkan dengan pertumbuhan +4,8% di tahun 2000, yang hampir sama dengan pertumbuhan ekonomi pra krisis (1997, +4,9%). Tentu tidak semuanya oleh ekonomi rakyat. Pemulihan ekonomi selama 2 tahun itu disebabkan oleh peningkatan ekspor (non Migas), oleh investasi dan konsumsi. Dalam hal ekspor dan konsumsi, peranan ekonomi rakyat adalah menonjol. Masalahnya adalah mengapa ekonomi nasional jatuhnya begitu dalam, dalam setahun, tetapi juga dapat cepat pulih dalam 2 tahun berikutnya. Jatuhnya demikian dalam di tahun 1998, menunjukkan betapa rapuhnya dan paniknya sektor finansial dan korporasi, alias sektor modern dari bangunan ekonomi kita. Begitu rapuhnya sehingga dengan segala “inset” dari modal, energi dan konsentrasi sampai sekarang sektor ini belum dapat berfungsi kembali normal. Dan cepat kembalinya pemulihan ekonomi selama dua tahun berikutnya dikatakan adalah berkat ekonomi rakyat. Apakah hanya karena itu saja? Tentu tidak hanya itu saja. Faktor kepercayaan pada programa ekonomi Pemerintah dalam kerjasama dengan IMF dan hilangnya panik ekonomi turut bermain peran. Namun secara riil, peran ekonomi rakyat seperti yang telah digambarkan itu memang besar. Krisis Ekonomi yang kita alami dewasa ini menunjukkan bahwa keserakahan sektor modern akan kredit, fasilitas dan perluasan kegiatan, dan kurang adanya pengawasan, adanya KKN, itulah yang telah menjerumuskan ekonomi bangsa ke dalam keterpurukan yang berkelanjutan ini. Pemerintah mengambil peran untuk keluar dari krisis tersebut, malahan melanjutkan perannya sebagai pelaku utama pembangunan sesudah krisis itu. Sehingga pembangunan selama itu disebut “ Government / State led development ”. Hal ini terjadi bukan karena ideology (Sosialisme) melainkan karena kondisi pragmatis, dimana pada waktu itu tidak ada perusahaan Swasta, dan kalau ada berada dalam kondisi sangat lemah. Ekonomi Rakyat masih perlu diberdayakan, dan pemberdayaan itu dilakukan melalui “ link and match ” dengan sektor Swasta. Melalui pemberdayaan sektor Swasta maka diharapkan ekonomi rakyat akan pula dapat diberdayakan. Jika Pembangunan selama ini adalah “top down” maka proses ini tidak langsung beralih ke sistim “ bottom up ”, namun melalui sistim (peng)antara middle down ” dan “ middle up ”. Maka terjadilah krisis ekonomi yang berkelanjutan ini. Apa tugas Nasional itu? Mengatasi pengangguran, mengatasi kemiskinan, mengatasi hutang. Ketiga target ini memang mengena pada kepentingan ekonomi rakyat. Suatu tantangan bagi ekonomi
Image of page 7
Kebijaksanaan Pemerintah 152 ROWLAND B. F. PASARIBU rakyat. Menghadapi tugas besar nasional ini, para pelaku ekonomi Rakyat perlu di” upgrade ”. Disamping tugas besar Nasional yang berjangka itu, ada pula tugas Nasional yang mendesak.
Image of page 8
Image of page 9

You've reached the end of your free preview.

Want to read all 35 pages?

  • Fall '18
  • pak mujid

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern

Stuck? We have tutors online 24/7 who can help you get unstuck.
A+ icon
Ask Expert Tutors You can ask You can ask You can ask (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes