Rekening ini berguna untuk menentukan harga pokok penjualan dari kantor pusat

Rekening ini berguna untuk menentukan harga pokok

This preview shows page 4 - 7 out of 33 pages.

Rekening ini berguna untuk menentukan harga pokok penjualan dari kantor pusat dan kantor cabang secara terpisah, tetapi karena merupakan rekening timbal balik maka harus dilakukan eliminasi ketika menyusun laporan keuangan.
Image of page 4
Ringkasan penjelasan rekening timbal balik untuk rekening “Pengiriman ke Kantor Cabang dan rekening “Pengiriman dari Kantor Pusat” disajikan pada tabel 3.3. Rekening Pengiriman ke Kantor Cabang Rekening Pengiriman ke Kantor Pusat Pembukuan Di Kantor Pusat Di Kantor Cabang Sisi Debet Pengembalian barang dari kantor cabang Penerimaan barang dari kantor pusat Sisi Kredit Penerimaan barang dari kantor cabang Pengembalian barang dari kantor Pusat Tabel 3.3 Rekening Pengiriman ke Kantor Cabang dan Rekening Pengirimsn dari Kantor Pusat Jurnal Penyesuaian dan Eliminasi untuk Akuntansi Kantor Pusat dan Kantor Cabang. Penyesuaian berarti pencatatan atau pengakuan (jurnal dan posting) data-data transaksi tertentu pada akhir periode sehingga jumlah rupiah yang terdapat dalam tiap rekening menjadi sesuai dengan kenyataan pada akhir periode tersebut dan laporan keuangan yang dihasilkan menggambarkan keadaan yang senyatanya pada tanggal laporan neraca (evi, 2007). Penyesuaian yang dibuat dinyatakan dalam bentuk ayat jurnal penyesuaian. Prinsip yang diperlukan dalam membuat jurnal penyesuaian dengan demikian adalah untuk melakukan penyesuaian semua perkiraan pendapatan dan biaya pada suatu dasar akrual dan melakukan pembukuan lanjutan ke Buku Besar. Ayat jurnal penyesuaian ini dibuat untuk memperoleh kecocokan antara pendapatan dan biaya dalam penentuan laba bersih pada periode berjalan dan untuk mendapatkan laporan yang akurat terhadap posisi Aktiva, Utang dan Modal pada akhir periode tersebut. Berikut ini adalah pos-pos yang memerlukan penyesuaian :
Image of page 5
1. Pos Penangguhan Beban yang ditangguhkan (deffered expenses) atau biaya dibayar dimuka (prepaid expenses). Merupakan pos yang sejak awal dicatat sebagai aktiva tetapi diharapkan menjadi beban dikemudian hari atau selama operasi normal bisnis. Contoh : Perlengkapan dan Asuransi dibayar dimuka (Persekot Asuransi). Pendapatan yang ditangguhkan (deffered revenues) atau pendapatan diterima dimuka (unearned revenues). Merupakan pos yang sejak awal dicatat sebagai kewajiban tetapi diharapkan menjadi pendapatan dikemudian hari atau selama operasi normal bisnis. Contoh : Sewa diterima dimuka. 2. Pos Akrual Beban Akrual/Kewajiban Akrual Adalah beban yang sudah terjadi tetapi belum dicatat dalam akun. Contoh : Upah akrual yang terutang kepada karyawan. Pendapatan Akrual/aktiva Akrual Adalah pendapatan yang sudah dihasilkan tetapi belum dicatat dalam akun. Contoh : honor jasa yang telah diberikan oleh pengacara tetapi belum ditagih kepada klien pada akhir periode.
Image of page 6
Image of page 7

You've reached the end of your free preview.

Want to read all 33 pages?

  • Spring '15

  • Left Quote Icon

    Student Picture

  • Left Quote Icon

    Student Picture

  • Left Quote Icon

    Student Picture