Penelitian yang dilakukan oleh Rindu Rika Gamayuni 2012 menyatakan bahwa ROA

Penelitian yang dilakukan oleh rindu rika gamayuni

This preview shows page 19 - 23 out of 23 pages.

Penelitian yang dilakukan oleh Rindu Rika Gamayuni (2012) menyatakan bahwa ROA berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan. Semakin tinggi kemampuan seluruh aktiva untuk menghasilkan keuntungan bagi perusahaan maka semakin tinggi nilai perusahaan.
29 2.2.3 Hubungan Arus Kas Bebas dan Tingkat Pengembalian Aktiva dengan Nilai Perusahaan Nilai perusahaan sangat penting bagi perusahaan karena dengan memaksimalkan nilai perusahaan maka akan memaksimalkan kemakmuran pemegang saham. Keown et al (diterjemahkan oleh Chaerul D. Djakman dan Dwi Sulistyorini, 2000: 849) menyatakan bahwa : “ Nilai dari suatu perusahaan bergantung tidak hanya pada kemampuan menghasilkan arus kas, tetapi juga bergantung pada karakteristik operasional dan keuangan dari perusahaan. Berdasarkan pada teori tersebut maka dapat disimpulkan bahwa jika nilai arus kas bebas dan tingkat pengembalian aktiva (ROA) meningkat, maka nilai perusahaan juga akan meningkat.
30 Berdasarkan penjelasan tersebut dapat digambarkan dalam bagan kerangka pemikiran sebagai berikut: Gambar 2.1 Kerangka Pemikiran Kondisi Laporan Keuangan Perusahaan Investor Analisis Laporan Keuangan Perusahaan Laporan Keuangan Perusahaan diantaranya : Neraca Laporan Laba Rugi Laporan Arus Kas Tingkat Pengembalian Aktiva Arus Kas Bebas Nilai Perusahaan
31 Dari uraian tersebut, maka disusun bagan paradigma penelitian dalam penelitian ini untuk mempermudah pemahaman terhadap permasalahan pokok yang akan dianalisis sebagai berikut : Gambar 2.2 Paradigma Penelitian 2.3 Hipotesis Menurut Sugiyono (2014: 64) “Hipotesis merupakan jawaban sementara terhadap rumusan masalah penelitian, di mana rumusan masalah penelitian telah dinyatakan dalam bentuk kalimat pertanyaan.” Hipotesis dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: 1. Terdapat pengaruh antara arus kas bebas terhadap nilai perusahaan pada perusahaan sektor telekomunikasi di BEI periode 2007-2013. 2. Terdapat pengaruh antara tingkat pengembalian aktiva terhadap nilai perusahaan pada perusahaan sektor telekomunikasi di BEI periode 2007-2013. Arus Kas Bebas (X 1 ) - Arus Kas Operasi - Investasi dalam modal operasi Tingkat Pengembalian Aktiva (X 2 ) - Earning After Tax - Total Assets Nilai Perusahaan (Y) - Harga Saham /lembar - Nilai Buku Ekuitas /lembar
32 3. Terdapat pengaruh antara arus kas bebas dan tingkat tingkat pengembalian aktiva terhadap nilai perusahaan pada perusahaan sektor telekomunikasi di BEI periode 2007-2013.

  • Left Quote Icon

    Student Picture

  • Left Quote Icon

    Student Picture

  • Left Quote Icon

    Student Picture