Soekartawi 1988 prinsip dasar komunikasi pertanian

This preview shows page 19 - 23 out of 30 pages.

Soekartawi. (1988). Prinsip Dasar Komunikasi Pertanian, Universitas Indonesia (UI-Press), Jakarta. Sudijono, Anas. (2003). Pengantar Evaluasi Pendidikan , PT Raja Grafindo Persada, Jakarta. 1. 16
Image of page 19

Subscribe to view the full document.

LAMPIRAN A. ASASMENT KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS ASPEK TULISAN 1) Indikator Kemampuan Komunikasi Matematis Indikator kemampuan komunikasi matematis peserta didik dalam pembelajaran matematika adalah sebagai berikut: NO INDIKATOR 1. Kemampuan menghubungkan benda nyata ke dalam ide-ide matematika. Pada penelitian ini siswa dapat menuliskan informasi yang diketahui dan ditanyakan atau tujuan dari permasalahan. 2. Kemampuan menyatakan peristiwa sehari-hari dengan simbol-simbol matematika dalam menyajikan ide-ide matematik secara tertulis. Pada penelitian ini siswa dapat menggunakan simbol-simbol metematika saat menuliskan informasi yang diperoleh dari soal dan saat menyelesaikan permasalahan. 3. Kemampuan menjelaskan ide, situasi sehari-hari dan relasi matematik, secara tertulis dengan gambar. Pada penelitian ini siswa dapat menggambarkan lingkaran. 4. Kemampuan memahami dan mengevaluasi ide-ide matematik dalam menyelesaikan permasalahan sehari-hari secara tertulis. Pada penelitian ini siswa dapat menuliskan konsep rumus yang digunakan dalam menyelesaikan permasalahan, dapat menggunakan langkah-langkah penyelesaian dengan baik serta dapat melakukan perhitungan dengan benar. 5. Kemampuan mengkomunikasikan kesimpulan jawaban permasalah sehari-hari sesuai hasil pertanyaan. Pada penelitian ini siswa dapat menuliskan simpulan hasil penyelesaian yang sesuai dengan tujuan dari permasalahan 17
Image of page 20
2) Tes Kemampuan Komunikasi Matematis Berikut ini soal tes kemampuan komunikasi matematis yang diberikan kepada siswa: 1. Sebuah lingkaran diketahui panjang OP = 28 cm dan busur PQ = 17,6 cm. Hitunglah luas juring POQ. 2. Sebuah lingkaran jika diketahui besar AOC = 108 dan panjang busur BC = 16 cm, maka berapakah panjang busur AC ? 3. Ban sebuah sepeda berjari-jari 14 cm. Ban tersebut menggelinding di lintasan lurus sebanyak 100 putaran. Tentukan jarak yang ditempuh oleh sepeda tersebut. 4. Sebuah lintasan berbentuk lingkaran memilki diameter 56 meter. Untuk menempuk jarak 902 meter maka banyak putaran yang dilakukan pelari tersebut? 3) Kisi-kisi Kemampuan Komunikasi Matematis Adapun kisi-kisi tes kemampuan matematis siswa dari soal diatas disajikan pada table berikut ini: Materi Aspek yang diukur Bentuk Soal Lingkaran 1. Kemampuan menghubungkan benda nyata, gambar, dan diagram ke dalam ide-ide matematik Uraian 2. Kemampuan menyatakan peristiwa sehari-hari dengan simbol-simbol matematik dan istilah-istilah matematik dalam menyajikan ide-ide matematik secara tertulis. 3. Kemampuan menjelaskan ide, situasi sehari-hari dan relasi matematik, secara tertulis dengan gambar. 4. Kemampuan memahami dan mengevaluasi ide-ide matematik dalam menyelesaikan permasalahan sehari-hari secara tertulis. 5. Kemampuan mengkomunikasikan kesimpulan jawaban permasalahan sehari-hari seseuai dengan pertanyaan 18
Image of page 21

Subscribe to view the full document.

4) Pedoman penskoran tes kemampuan komunikasi matematis No Penyelesaian Aspek yang diukur Skor Maksimu m 1. Peserta didik menjelaskan situasi secara tertulis yaitu siswa menuliskan apa yang diketahui dan ditanyakan dari permasalahan dengan menggunakan simbol-simbol matematik, yaitu: Diketahui:
Image of page 22
Image of page 23
  • Fall '19

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern

Ask Expert Tutors You can ask 0 bonus questions You can ask 0 questions (0 expire soon) You can ask 0 questions (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes