Bentuk bentuk dasar dapat disebut sebagai arketipe

This preview shows page 18 - 21 out of 54 pages.

berusaha untuk mengungkap makna yang berada dibelakang setiap bentuk. Bentuk-bentuk dasar dapat disebut sebagai arketipe arsitektur, berasal dari bahasa Yunani yang berarti : pola dasar atau bentuk pertama atau model asli seperti yang ada sebagai dasar dari variasi dan kombinasi yang ada setelahnya (Evansen, 1987). Sebuah teori archetype memiliki tiga tujuan yakni : a) mengklasifikasikan arketipe dalam gambaran terkonsentrasi, b) menggambarkan bangunan untuk dapat menunjukkan
Image of page 18

Subscribe to view the full document.

14 potensi ekspresi yang ada dalamnya, c) menunjukkan bahwa ada bahasa yang umum dalam bentuk yang kita bisa segera pahami, terlepas dari interpretasi individu atau budaya. Dalam teori archetypes elemen bentuk dapat didefinisikan dalam 3 aspek yaitu elemen lantai, dinding, dan atap. Pada dasarnya elemen-elemen ini mendefinisikan hubungan antara luar dan dalam, membuat dalam ditengah-tengah luar, meskipun dalam cara yang berbeda: lantai sebagai bagian bangunan yang paling bawah, memiliki peran untuk mendefinisikan antara atas dan bawah, dinding sebagai bagian tengah bangunan. (5). Prinsip penataan (ordering principle) Menurut Ching (2008), Ordering principle merupakan prinsip-prinsip yang biasa digunakan untuk menciptakan tatanan dalam suatu komposisi arsitektural. Sumbu, merupakan sarana paling mendasar dalam pengaturan bentuk dan ruang arsitektural. Prinsip-prinsip penataan terdiri dari : a) Simetri, Suatu sumbu dapat terwujud tanpa menghadirkan simetri, maka suatu kondisi simetri tidak dapat tercipta tanpa adanya sebuah sumbu atau titik pusat yang membentuknya, b) Hirarki, Ditunjukkan melalui komposisi arsitektural, dimana perbedaan-perbedaan nyata hadir diantara bentuk dan ruang mereka, c) Datum, Mengatur suatu pola elemen acak melalui keteraturan, kemenerusan, dan kehadirannya yang konstan, d) Irama, Merujuk pada segala pergerakan yang ditandai oleh suatu pengulangan elemen atau motif yang berpola pada interval-interval yang beraturan maupun tidak, e) Pengulangan, Mengatur serangkaian elemen yang dapat dikelompokkan berdasarkan kedekatan bentuk atau sifat-sifat yang dimiliki oleh elemen-elemen, f) Transformasi, Merupakan prinsip yang menjelaskan bahwa suatu konsep, struktur, atau organisasi arsitektural dapat diubah melalui serangkaian manipulasi dan permutasi terpisah dalam upaya menanggapi sebuah lingkungan khusus.
Image of page 19
15 BAB III ARSITEKTUR MASJID SUNGKONI PLOSOKUNING DI SLEMAN, YOGYAKARTA 3.1. Sejarah Masjid Sulthoni Plosokuning Masjid Pathok Negoro Plosokuning bermula dari riwayat Amangkurat IV sebagai Raja Mataram Islam yang memerintah pada tahun 1719-1727 M. Beliau memiliki tiga orang putra yakni, Raden Mas Ichsan, Pangeran Adipati Anom, serta Pangeran Mangkubumi. Pangeran Adipati Anom menjadi Raja dengan gelar Pakubuwono II dengan ibu kota Surakarta Hadiningrat (1727-1749 M). Sesudah terjadi perjanjian Giyanti pada tahun 1755 M, Pangeran Mangkubumi (saudara muda Pakubuwono II) diangkat menjadi Raja Ngayogyakarta dengan gelar Sultan Hamengkubuwono I dengan ibu kota Ngayogyokarto Hadiningrat (1755-1792 M).
Image of page 20

Subscribe to view the full document.

Image of page 21
  • Fall '19

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern

Ask Expert Tutors You can ask 0 bonus questions You can ask 0 questions (0 expire soon) You can ask 0 questions (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes