ISA 402 Pertimbangan Pertimbangan Audit terkait Entitas yang Menggunakan Jasa

Isa 402 pertimbangan pertimbangan audit terkait

This preview shows page 16 - 19 out of 28 pages.

  *ISA 402 'Pertimbangan-Pertimbangan Audit terkait Entitas yang Menggunakan Jasa dari Organisasi Jasa' mendiskusikan tanggung jawab auditor eksternal untuk memperoleh kecukupan bukti audit yang memadai ketika pihak yang diaudit (auditee) menggunakan jasa dari satu atau lebih organisasi jasa. (jawaban dari buku halaman 237, 238, 239 )
Image of page 16
6.13 Jawaban : Tenaga ahli auditor (auditor's expert) adalah individu atau organisasi yang memiliki keahlian di bidang tertentu selain akuntansi atau pengauditan, yang mana pekerjaannya di bidang tersebut digunakan oleh auditor untuk membantu memperoleh kecukupan bukti yang memadai. Auditor harus mengevaluasi apakah tenaga ahli auditor tersebut memiliki kompetensi,kapabilitas, dan objektivitas yang diperlukan. Selanjutnya, auditor harus memperoleh pemahaman yang memadai atas bidang keahlian tenaga ahli untuk mengevaluasi pekerjaan mereka secara memadai. Evaluasi terhadap pekerjaan tenaga ahli auditor berarti mereviu relevansi dan kewajaran atas temuan-temuannya dan konsistensinya dengan bukti-bukti audit lainnya. Jika pekerjaan tenaga ahli menggunakan sejumlah asumsi dan metode penting, auditor harus mengevaluasi relevansi dan kewajaran pendekatan-pendekatan tersebut. Jika pekerjaan tenaga ahli menggunakan sumber-sumber data yang penting bagi pekerjaan tenaga ahli tersebut, auditor perlu mempertimbangkan relevansi, kelengkapan, dan keakuratan sumber- sumber data yang digunakan. (jawaban dari buku halaman 237)
Image of page 17
6.14 Laporan pengendalian internal Tipe 1 dan Tipe 2 dari organisasi jasa mungkin penting untuk memahami organisasi jasa, Diskusikan perbedaan di antara laporan Tipe 1 dan laporan Tipe 2. Jawaban : Laporan-laporan Tipe 1 dan Tipe 2 dapat menjadi penting untuk memahami organisasi jasa. Laporan Tipe 1 (Type I report) dideskripsikan sebagai “laporan yang memuat penjelasan dan rancangan pengendalian pada organisasi jasa"" yang terdiri dari: (a) penjelasan terkait sistem organisasi jasa (service organisation's system)," tujuan-tujuan pengendalian, dan beberapa pengendalian yang terkait oleh manajemen organisasi jasa tersebut; dan (b) laporan dari auditor jasa (service auditor)" yang menyampaikan opininya atas sistem organisasi jasa, tujuan-tujuan pengendalian, dan beberapa pengendalian yang terkait, serta kesesuaian rancangan pengendalian untuk mencapai tujuan-tujuan pengendalian yang ditentukan. Laporan Tipe 2 (Type 2 report) disebut sebagai "laporan yang memuat penjelasan, rancangan, dan efektivitas operasi pengendalian pada organisasi jasa yang terdiri atas: (a) penjelasan manajemen terkait organisasi jasa, sistem organisasi jasa, tujuan-tujuan pengendalian dan beberapa pengendalian yang terkait, serta dalam beberapa kasus, rancangan, implementasi, dan efektivitas operasi pada seluruh periode yang ditentukan; (b) laporan dari auditor jasa yang menyampaikan opininya atas penjelasan mengenai sistem organisasi jasa, tujuan-tujuan pengendalian, dan beberapa pengendalian yang terkait, kesesuaian rancangan pengendalianuntuk mencapai tujuan- tujuan pengendalian yang ditentukan, efektivitas operasi pengendalian; dan (c) penjelasan terkait pengujian pengendalian yang dilakukan auditor jasa, beserta hasil- hasilnya.
Image of page 18
Image of page 19

You've reached the end of your free preview.

Want to read all 28 pages?

  • Summer '19
  • Bu nesti Hapshari

  • Left Quote Icon

    Student Picture

  • Left Quote Icon

    Student Picture

  • Left Quote Icon

    Student Picture