mikroorganisme misalnya plankton bakteria alga virus dan lain lainnya Semua

Mikroorganisme misalnya plankton bakteria alga virus

This preview shows page 12 - 13 out of 20 pages.

mikroorganisme, misalnya plankton, bakteria, alga, virus dan lain-lainnya. Semua elemen-elemen tersebut umumnya menyebabkan kekeruhan atau warna dalam air. Partikel koloid hampir sama dengan padatan tersuspensi hanya mempunyai ukuran yang lebih kecil yakni kurang dari 1 m (mikron), dengan kecepatan pengendapan yang sangat rendah sekali. Ada beberapa teknologi yang dapat digunakan untuk memisahkan total padatan tersuspensi di dalam air asam tambang, yaitu dengan proses koagulasi-flokulasi dengan menggunakan bahan kimia atau dengan proses fisika menggunakan proses penyaringan Ultrafiltrasi. 3.1.4.1 Penghilangan Padatan Tersuspensi (TSS) Dengan Proses Koagulasi-Flokulasi Proses koagulasi yaitu penambahan bahan kimia agar partikel-partikel yang sukar mengendap menggumpal menjadi besar dan berat sehingga kecepatan pengendapannya lebih besar. Proses koagulasi dibagi menjadi dua tahap: Tahap pertama yaitu koagulasi partikel-partikel kotoran menjadi flok- flok yang masih halus/kecil dengan cara pengadukan cepat segera setelah koagulan dibubuhkan. Tahap ini disebut dengan pencampuran cepat dan prosesnya dilakukan pada bak pencampur cepat ( mixing basin ). Tahap selanjutnya adalah proses pertumbuhan flok agar menjadi besar dan stabil, yaitu dengan cara pengadukan lambat pada bak flokulator. Proses tersebut dinamakan flokulasi. Bahan kimia yang sering digunakan untuk proses koagulasi flokulasi umumnya diklasifikasikan menjadi tiga golongan yakni zat koagulan, zat alkali dan zat pembantu koagulan (flokulan). Beberapa bahan kimia untuk proses koagulasi dan flokulasi yang digunakan di dalam pengolahan air asam tambang (AMD) dapat dilihat pada Tabel 3. Penggunaan bahan tersebut biasanya terbatas pada kasus-kasus dimana komposisi logam unik memerlukan sistem pengolahan khusus, atau di mana aerasi dan waktu tinggal dalam kolam pengendap tidak mencukupi untuk pengendapan secara sempurna. Zat koagulan digunakan untuk menggumpalkan partikel-partikel padatan tersuspensi, zat warna, koloid dan lain-lain agar membentuk gumpalan partikel yang besar (flok), sehingga dapat dengan cepat dapat diendapkan pada bak pengendap. Zat alkali dan zat pembantu koagulan berfungsi untuk mengatur pH agar kondisi air baku dapat menunjang proses flokulasi serta membantu agar pembentukan flok dapat berjalan dengan lebih cepat dan baik. Pemilihan zat koagulan harus berdasarkan pertimbangan antara lain : jumlah dan kualitas air yang akan diolah, kekeruhan atau konsentrasi total padatan tersuspensi yang ada di dalam air, biaya bahan kimia dan peralatan serta kemudahan operasional. Bahan kimia koagulan yang sering dipakai antara lain aluminium sulfat (alum), poly aluminium chloride (PAC). Bahan ini juga disebut polyelectrolytes dan menghasilkan ion bermuatan tinggi ketika dilarutkan dalam air. Di samping itu ada senyawa polimer tertentu yang dapat dipakai bersama-sama dengan senyawa koagulan lainnya.
Image of page 12
Image of page 13

You've reached the end of your free preview.

Want to read all 20 pages?

  • Winter '20

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern

Stuck? We have tutors online 24/7 who can help you get unstuck.
A+ icon
Ask Expert Tutors You can ask You can ask ( soon) You can ask (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes
A+ icon
Ask Expert Tutors