ANALISA MASALAH DAN PERANCANGAN PROGRAM Permasalahan yang Ada Informasi

Analisa masalah dan perancangan program permasalahan

This preview shows page 14 - 16 out of 28 pages.

ANALISA MASALAH DAN PERANCANGAN PROGRAM Permasalahan yang Ada Informasi terpenting bagi siswa atau wali siswa yang terkait dengan kegiatan belajar disekolah seperti informasi nilai, jadwal ujian, absensi siswa atau lainnya. Biasanya diperoleh saat pihak sekolah sudah mengumumkannya, dan informasi tersebut bisa diperoleh hanya di sekolah saja. Artinya, akan sulit bagi para siswa atau wali siswa untuk memperoleh informasi yang diinginkan pada saat kapan pun dan dimanapun. Masalah lain yang ditemukan adalah sulitnya para orang tua atau wali siswa untuk mengetahui secara detil bagaimana prestasi dan prilaku anaknya selama di sekolah. Selama ini para orang tua atau wali siswa memperoleh informasi tentang putra-putri mereka sebatas hanya pada saat pembagian laporan hasil belajar saja. Strategi Pemecahan Masalah Sebuah solusi yang cukup ideal untuk menyelesaikan permasalahan di atas adalah dengan dibuatnya program aplikasi SMS Gateway. Keuntungan yang didapatkan jika menggunakan aplikasi ini adalah mempermudah serta membuat lebih efisien dan efektif dalam hal penerimaan maupun pengiriman informasi melalui SMS. 1. Program Aplikasi a. Analisa Aplikasi Usulan Program aplikasi yang diusulkan yakni sebuah aplikasi SMS Gateway . Aplikasi SMS Gateway berperan sebagai pengolah informasi, dimana informasi tersebut dikemas dalam bentuk SMS. Informasi yang disajikan sesuai dengan apa yang di request oleh siswa atau wali siswa. Proses request informasi dapat dilakukan dengan mengirimkan SMS. b. Metode Kerja Sistem Usulan SMS Gateway Aplikasi SMS Gateway ini dengan nama SMK SATRIA yang dijalankan pada sebuah komputer yang terhubung dengan database . Dan menggunakan sebuah handphone yang dihubungkan melalui USB port sebagai penerima SMS ( receiver ). Aplikasi ini akan menerima semua SMS yang masuk dan meresponnya secara otomatis. Di bawah ini adalah tahapan-tahapan proses yang dilakukan oleh aplikasi ini: a) Siswa atau wali siswa mengirim SMS dengan format tertentu yang telah ditentukan, kemudian diterima oleh handphone yang sudah dihubungkan dengan komputer tadi. b) Tahap selanjutnya, aplikasi membaca SMS yang masuk ke handphone dan segera menyimpannya ke dalam database dengan status “Belum diproses”. c) Setelah SMS tersimpan didalam database , aplikasi membuat SMS balasan dan menyimpannya kedalam database dengan status “Belum dikirim”. d) Tahapan yang terakhir adalah: aplikasi SMS Gateway mengirimkan SMS balasan yang tersimpan di database dan merubah statusnya menjadi “Telah dikirim”, serta merubah status SMS yang diterima menjadi “Telah diproses”. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada gambar 5, di bawah ini:
Image of page 14

Subscribe to view the full document.

JURNAL TEKNOLOGI DAN INFORMATIKA (TEKNOMATIKA) Sistem Informasi Akademik Berbasis SMS Gateway VOL. 1 NO. 1 JANUARI 2011 15 Gambar 5. Skema request dan reply SMS Sedangkan tahapan–tahapan yang dilakukan pada proses broadcast adalah sebagai berikut: melalui aplikasi SMS Gateway petugas sekolah mengetik SMS berisi informasi sekolah yang ingin disampaikan, kemudian petugas sekolah menentukan nomor-nomor handphone yang dituju, dan selanjutnya petugas dapat mengirimkannya. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada gambar 6 di bawah ini: Gambar 6.
Image of page 15
Image of page 16
  • Summer '19
  • agus

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern

Ask Expert Tutors You can ask 0 bonus questions You can ask 0 questions (0 expire soon) You can ask 0 questions (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes