nantinya kita dapat memprioritaskan dengan baik dalam implementasi perencanaan

Nantinya kita dapat memprioritaskan dengan baik dalam

This preview shows page 12 - 15 out of 21 pages.

nantinya kita dapat memprioritaskan dengan baik dalam implementasi perencanaan manajemen resiko. Kesulitan dalam pengukuran resiko adalah menentukan kemungkinan terjadi suatu resiko karena informasi statistik tidak selalu tersedia untuk beberapa resiko tertentu. Selain itu, mengevaluasi dampak kerusakan (severity) sering kali cukup sulit untuk asset immaterial. 3. Monitoring resiko dan evaluasi Mengidentifikasi, menganalisa dan merencanakan suatu resiko merupakan bagian penting dalam perencanaan suatu proyek. Namun, manajemen resiko tidaklah berhenti sampai di sini saja. Praktek, pengalaman, dan terjadinya kerugian akan membutuhkan suatu perubahan dalam rencana dan keputusan mengenai penanganan suatu resiko. Sangatlah penting untuk selalu memonitor proses dari awal mulai dari identifikasi resiko dan pengukuran resiko Apakah keefektifan respon yang telah dipilih dan untuk mengidentifikasi adanya resiko yang baru maupun berubah. Sehingga, ketika suatu resiko terjadi maka respon yang dipilih akan sesuai dan diimplementasikan secara efektif. Enterprise Risk Management – Intergrated Framework Pada tahun 2001, COSO memulai sebuah proyek, dan terlibat PricewaterhouseCoopers, untuk mengembangkan kerangka kerja yang akan mudah digunakan oleh manajemen untuk mengevaluasi dan meningkatkan manajemen risiko perusahaan organisasi mereka. Skandal bisnis profil tinggi dan kegagalan (misalnya Enron , Tyco International , Adelphia , Peregrine Systems dan WorldCom ) menyebabkan panggilan untuk tata kelola perusahaan ditingkatkan dan manajemen risiko. Akibatnya tindakan Sarbanes-Oxley diundangkan. Hukum ini meluas persyaratan lama untuk perusahaan publik untuk memelihara sistem pengendalian internal, membutuhkan manajemen untuk mensertifikasi dan auditor independen untuk membuktikan efektivitas sistem tersebut.
Image of page 12

Subscribe to view the full document.

The Internal Control - Integrated Framework tetap menjadi standar luas diterima untuk memenuhi persyaratan pelaporan. Namun, pada tahun 2004 diterbitkan COSO Enterprise Risk Management – Integrated Framework. COSO percaya kerangka ini memperluas pengendalian intern, menyediakan lebih kuat dan luas fokus pada subjek yang lebih luas dari manajemen risiko perusahaan. Kerangka kerja sekarang termasuk empat kategori: Strategis: tingkat tinggi tujuan, sejalan dengan dan mendukung misinya Operasi: penggunaan efektif dan efisien dari sumber daya Pelaporan: keandalan pelaporan Kepatuhan: kepatuhan terhadap hukum dan peraturan yang berlaku Delapan komponen kerangka Delapan komponen manajemen risiko perusahaan mencakup lima komponen sebelumnya dari Kerangka Control-Integrated internal sementara memperluas model untuk memenuhi permintaan untuk manajemen risiko: 1. Lingkungan internal Lingkungan internal yang meliputi pada organisasi, dan menetapkan dasar untuk bagaimana risiko dipandang dan ditangani oleh orang-orang entitas, termasuk filosofi manajemen risiko, dan resiko, integritas dan nilai etika, dan lingkungan di mana mereka beroperasi.
Image of page 13
Dari rubik tersebut memiliki komponen : Empat kolom vertikal mewakili tujuan strategi dari resiko perusahaan.
Image of page 14

Subscribe to view the full document.

Image of page 15
  • Fall '16

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern

Ask Expert Tutors You can ask You can ask ( soon) You can ask (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes