Bahwa demokrasi adalah sebuah tipe sistem pemerintahan dapat dibuktikan

Bahwa demokrasi adalah sebuah tipe sistem

This preview shows page 12 - 15 out of 17 pages.

Bahwa demokrasi adalah sebuah tipe sistem pemerintahan, dapat dibuktikan misalnya dengan pernyataan Presiden Lincoln pada peres- mian Makam Nasional Gettysburg (1863) di tengah berkecamuknya perang saudara di AS. Lincoln menyatakan, demokrasi adalah: “Pemerintahan dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat.” Karena itu, menyamakan syura dengan demokrasi tidaklah tepat dan jelas tak proporsional. Jika ingin tepat dan proporsional, sistem demokrasi seharusnya dibandingkan dengan sistem Khilafah, bukan dengan syura. Atau syura seharusnya dibandingkan dengan prinsip suara mayoritas, bukan dengan demokrasi. Memang, ada kemiripan antara syura dan demokrasi, yang mungkin dapat menyesatkan orang untuk menganggap syura identik dengan demokrasi. Kemiripan itu ialah, dalam syura ada proses pengambilan pendapat berdasarkan suara mayoritas, seperti terjadi
Image of page 12

Subscribe to view the full document.

| 305 Abdul Razak, “Syura dan Demokrasi: Persamaan dan Perbedaannya” dalam Perang Uhud, identik dengan yang ada dalam demokrasi. 21 Namun dengan mencermati penjelasan tentang syura di atas, masalah kemiripan ini akan gamblang dengan sendirinya. Sebab tidak selalu syura berpatokan pada suara mayoritas. Ini sangat berbeda dengan demokrasi yang selalu menggunakan kriteria suara mayoritas untuk segala bidang permasalahan. Kemiripan syura dan demokrasi menjadi lebih tak bermakna jika kita mengkaji ciri-ciri sistem demokrasi secara lebih mendasar dan komprehensif, dengan ciri-cirinya: 1) berlandaskan pada falsafah sekularisme (pemisahan agama dari kehidupan), 2) dibuat oleh manusia, yang didasarkan pada dua ide pokok : (a) kedaulatan di tangan rakyat dan (a) rakyat sebagai sumber kekuasaan, memegang prinsip suara mayoritas, dan menuntut kebebasan individu ( freedom ) agar kehendak rakyat dapat diekspresikan tanpa tekanan. Dalam sistem demokrasi, pendapat mayoritas dipandang sebagai ekspresi dari kehendak rakyat. Oleh karena itu, pihak minoritas tidak mempunyai pilihan selain tunduk dan mengikuti “pendapat mayoritas”. Maka itu dalam demokrasi dikenal dengan istilah vox vopuli, vox dei , suara rakyat adalah suara Tuhan. Sementara dalam Islam permasalahannya tidak tergantung pendapat mayoritas atau minoritas, melainkan pada nash-nash syari’at. Sebab yang menjadi musyarri’ hanyalah Tuhan, bukan umat. Dalam sistem demokrasi, rakyat berfungsi sebagai sumber hukum. Semua produk hukum diambil atas persetujuan mayoritas rakyat, baik secara langsung (demokrasi langsung) maupun melalui wakil-wakilnya di parlemen (demokrasi perwakilan). Inilah cacat terbesar dari sistem demokrasi. Manusia dengan segala kelemahannya dipaksa untuk menetapkan hukum atas dirinya sendiri. Pemikiran manusia akan sangat dipengaruhi lingkungan dan pengalaman pribadinya. Dalam perlembagaan Islam, hanya dua badan yang penting, yaitu eksekutif dan yudikatif. Sebaliknya perundangan legislatif tidak 21 Al-Annahwy, Syura Bukan, hlm. 93-94.
Image of page 13
306 | Media Akademika Volume 25, No. 3, Juli 2010 penting, karena semua undang-undang sudah ditetapkan oleh Allah.
Image of page 14

Subscribe to view the full document.

Image of page 15
  • Spring '19

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern

Ask Expert Tutors You can ask 0 bonus questions You can ask 0 questions (0 expire soon) You can ask 0 questions (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes