Sementara itu impor kentang Indonesia juga meningkat sangat tajam lihat Gambar

Sementara itu impor kentang indonesia juga meningkat

This preview shows page 17 - 20 out of 50 pages.

Sementara itu impor kentang Indonesia juga meningkat sangat tajam (lihat Gambar 2). Impor kentang segar ini masih dilakukan untuk memenuhi permintaan beberapa restoran franchise (waralaba) yang membutuhkan kentang dengan karakteristik tertentu. Karena produsen dalam negeri belum bisa memenuhi karakteristik yang diminta, seperti varietas tertentu yang belum di tanam di sisi, ataupun karena faktor kontrak dalam bisnis waralaba, maka pertumbuhan restoran fastfood yang menjamur di Indonesia tersebut masih belum bisa dipenuhi bahan bakunya dari dalam negeri. Namun demikian dengan semakin berkembangnya usaha tani kentang,berbagai varietas telah unggul diintroduksi dan petani Indonesia mulai mampu mengisi pasar tersebut. Permintaan terbesar kentang di Indonesia adalah untuk kentang konsumsi namun laju kenaikan permintaannya relative kecil yaitu sebesar 1.6 persen. Sementara untuk industri permintaannya masih relatif sedikit akan tetapi EKONOMI MIKRO Page 17
Image of page 17
laju pertumbuhannya sangat tinggi yaitu sebesar 86 persen dalam kurun waktu 1992-1996 (Suprapto, 1997). Indonesia juga memiliki peranan yang cukup penting dalam mengisi pasar ekspor di Asia Pasifik dengan pangsa pasar ekspor sebesar 14 persen. Ekspor Indonesia terlihat fluktuatis dan cenderung konstan selama setahun 1991- 1996 (lihat gambar 3). Negara tujuan ekspor Indonesia yang utama adalah Singapura dan Malaysia. Ekspor ke dua Negara tersebut meliputi lebih dari 99 persen total ekspor kentang Indonesia tahun 1996. Sebenarnya Singapura hanya menjadi pelabun sementara untuk diekspor kembali ke Negara-negara tujuan sebenarnya. Di Malaysia pagsa pasar kentang Indonesia cukup dominan yaitu sebesar 57 persen (Badan Agribisnis 1998). 2. Sistem Pemasaran Berdasarkan hasil survei yang dilakukan dalam penelitian ini terhadap setiap pihak yang terlibat dalam rantai pemasaran kentang maka sistem pemasaran kentang di Jawa dapat digambarakan sebagai mana dalam Gambar 4. Petani umumnya menjual hasil produksi kentangnya kepada pedagang pengumpul (di beberapa tempat disebut sebagai “juragan”). Pedagang pengumpul datang ke petani, bu kan petani yang membawa hasil produksinya ke pedagang. Petani biasanya berhubungan dengan pedagang tertentu dan hubungan itu lebih didasarkan atas saling kepercayaan. Tidak semua petani menjual kepada pedagang, beberapa petani memiliki kontrak dengan industri pengolah (seperti Indofood) . Ada juga petani yang menjual kepada petani besar (titip jual) yang umumnya sudah memiliki jaringan pemasaran yang baik. Ada juga petani yang langsung menjual ke pasar tradisional namun jumlahnya relative sedikit. Pedagang pengumpul menjual kentang kepada pedagang-pedagang besar di pasar Induk atau pasar-pasar tradisional besar yang umumnya juga berada di kota-kota besar. Pedagang pengumpul biasanya sudah memiliki langganan tertentu di pasar-pasar besar tersebut. pedagang besar di pasar Induk ini menjual kepada sesama pedagang di pasar induk (di Pasar Kramat Jati disebut “centeng”) EKONOMI MIKRO Page 18
Image of page 18
juga menjual kepada pedagang-pedagang di pasar tradisional lain. Di pasar
Image of page 19
Image of page 20

You've reached the end of your free preview.

Want to read all 50 pages?

  • Spring '17

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern

Stuck? We have tutors online 24/7 who can help you get unstuck.
A+ icon
Ask Expert Tutors You can ask You can ask You can ask (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes
A+ icon
Ask Expert Tutors