113323993-Acara-2-Nikol-Silang-Sejajar.doc

E belahan dan pecahan setiap mineral mempunyai

  • No School
  • AA 1
  • 8

This preview shows page 4 - 6 out of 8 pages.

merupakan fungsi dari perjalanan sinar di dalam medium yang berbeda. e) Belahan dan Pecahan Setiap mineral mempunyai kemampuan dan kecenderungan untuk terpisah menjadi bagian yang lebih kecil. Apabila bidang – bidang tersebut berbentuk lurus dengan arah tertentu sesuai dengan bentuk kristalnya, bidang tersebut adalah bidang belahan (cleavage). Jika bidang – bidang kecil dari mineral tidak lurus dengan arah yang tidak teratur dan terkontrol oleh struktur atomnya, maka bidang tersebut adalah pecahan (fracture). f) Relief dan intensitas Relief suatu mineral dapat diartikan sebagai kenampakkan yang timbul akibat adanya perbedaan indeks bias mineral dengan media yang ada di sekitarnya. Relief selalu berbanding lurus denga intensitas. 2.2 Sifat Optis Mineral yang dapat diamati dalam posisi Nikol Silang yakni : a. Warna Interferensi Warna interferensi adalah warna yang dihasilkan dari cahaya yang diteruskan melalui analisator kepada pengamat. Warna interferensi terjadi pada mineral anisotrop karena adanya selisih harga indeks bias sinar ordiner dan sinar ekstraordiner. b. Bias Rangkap Cahaya yang masuk dalam media anisotrop akan dibiaskan menjadi 2 (dua) sinar, yang bergetar dalam 2 bidang yang saling tegak lurus. Harga bias rangkap merupakan selisih maksimum kedua indeks bias sinar yang bergetar dalam suatu mineral. c. Kembaran Yaitu sifat yang ditunjukkan oleh mineral akibat pertumbuhan bersama kristal saat pengkristalannya. Berbentuk kisi-kisi yang dibentuk oleh orientasi pertumbuhan kristalografi. Sifat ini dapat diamati pada posisi pengamatan nikol silang. Berhubungan dengan sifat pemadamannya. Ada beberapa macam kembaran dengan dasar klasifikasi secara deskriptif dengan melihat bentuk
Image of page 4

Subscribe to view the full document.

dan pola kembarannya saja. Bentuk – bentuk kembaran tersebut antara lain albit, carlsbad, polisintetik, periklin dan carlsbad-albit. Gambar 2.2 Kenampakkan kembaran Carlsbad pada Plagioklas d. Sudut Gelapan dan Jenis Gelapan Sudut gelapan adalah sudut yang dibentuk oleh sumbu panjang kristalografi (sb-c) dengan sumbu indikatrik mineral, baik sinar cepat maupun sinar lambat. Gelapan adalah keadaan mineral pada kedudukan warna interferensi maksimum, terjadi apabila sumbu indikatris (arah getar sinar) mineral sejajar dengan arah getar analisator atau polarisator. Terdapat beberapa jenis gelapan,
Image of page 5
Image of page 6
  • Fall '19

{[ snackBarMessage ]}

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern