Jadi tebal hujan dihitung denga rumus dengan d tinggi

  • No School
  • AA 1
  • 22

This preview shows page 2 - 5 out of 22 pages.

Jadi tebal hujan dihitung denga rumus: Dengan : d = tinggi curah hujan rata-rata (mm) d 1 , d 2 , d 3 , … d n = tinggi curah hujan pada pos penakar (mm) n = banyaknya pos penakar hujan Cara ini akan memberikan hasil yang dapat dipercaya jika pos-pos penakarnya ditempatkan secara merata di areal tersebut, dan hasil penakaran masing- masing pos penakar tidak menyimpang jauh dari nilai rata-rata seluruh pos di seluruh areal. 3.2.2 Metode Poligon Thiessen (Thiessen polygon method) Pada penerapan metode poligon Thiessen ada suatu anggapan bahwa setiap pos hujan dapat mewakili tebal hujan dari suatu daerah dengan luas tertenu. Luas tertentu itu adalah luas daerah yang dibatasi garis tegak lurusyangm melalui dan d= (d 1 + d 2 + d 3 + … + d n ) n -1
Image of page 2
57 membagi sua bagian yang sama dari setiap garis lurus yang menguhubungkan setiap dua pos hujan yang berdekatan, sehingga bila digambar setiap pos hujan akan terletak didalam suatu polygon. Curah hujan rata rata dari suatu DPS dihiung dari jumlah hasil perkalian tebal hujan dengan luas polygonnya dibagi dengan luas seluruh DPS. Penerapan metode ini tidak mempertimbangkan bentuk topografi DPS, sehingga tidak disarankan digunakan pada DPS yang berbukit bukit atau bergunung gunung karena adanya pengaruh orografis terjadinya hujan. Disamping itu jika terjadi penambahan atau pengurangan jumlah pos atau pemindahan jumlah pos hujan akan mengubah luas jaringan poligon. Salah satu pos hujan tidak terukur datanya karena misalnya rusak atau datanya meragukan maka jaringan poligon juga akan berubah. Meskipun demikian metode ini dianggap lebih baik daripada metode aritmayik, karena telah mempertimbangkan luas daerah yang dianggap mewakili, sebagai bobot dalam perhitungan tebal hujan rata rata. Metode Thiessen berusaha untuk mengimbangi tidak meratanya distribusi alat ukur dengan menyediakan suatu faktor pembobot ( weighting factor ) bagi ma sing-masing stasiun. Stasiun-stasiunya diplot pada suatu peta dan garis-garis yang menghubungkannya digambar. Garis-garis bagi tegak lurus dari garis-garis penghubung ini membentuk poligon-poligon di sekitar masing-masing stasiun. Sisi- sisi setiap poligon merupakan batas luas efektif yang diasumsikan untuk stasiun tersebut. Luas masing-masing poligon ditentukan dengan planimetri dan dinyatakan sebagai persentase dari luas total. Curah hujan rata-rata untuk seluruh luas dihitung dengan mengalikan hujan pada masing-masing stasiun dengan persentase luas yang diserahkannya dan menjumlahkannya. Hasilnya biasanya lebih teliti daripada hasil- hasil yang diperoleh dari perata-perata aritmatik sederhana.
Image of page 3
58 Gambar.3.1 Metode Poligon Thiessen Sumber : Materi Kuliah Hidrologi Teknik Dasar Tinggi curah hujan daerah metode thiessen dihitung rumus sebagai berikut: Keterangan : P = tinggi curah hujan rata-rata daerah (mm) n C B A P P P P = tinggi curah hujan pada pos penakar A,B,C, .... , n (mm) n C B A A A A A = luas daerah pada pos penakar A,B,C, .... , n (km 2 ) t = Banyak tahun Kendala terbesar dari metode ini adalah ketidakluwesannya. Suatu diagram
Image of page 4
Image of page 5

You've reached the end of your free preview.

Want to read all 22 pages?

  • Fall '19

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern

Stuck? We have tutors online 24/7 who can help you get unstuck.
A+ icon
Ask Expert Tutors You can ask You can ask ( soon) You can ask (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes
A+ icon
Ask Expert Tutors